Winoto, Haris Tri Ramadhani (2022) Pengaruh Penerapan Aplikasi Registrasi, e-Filing, dan e-Billing Terhadap Tax Payer Level Satisfaction pada Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Jombang Tahun 2019-2020. [Undergraduate thesis]
PDF
AK_5047_Abstrak.pdf Download (38kB) |
Abstract
Setiap orang yang sudah memiliki penghasilan seharusnya mempunyai NPWP, dan setiap orang yang mempunyai NPWP merupakan Wajib Pajak. Peneliti membahas tentang Wajib Pajak Orang Pribadi, setiap Wajib Pajak Orang Pribadi memiliki kewajiban untuk melaporkan dan membayar pajak. Dahulu Wajib Pajak Orang Pribadi harus melaporkan pajak secara manual atau langsung datang ke KPP, lalu membayar pajak ke Kantor Pos. Hal ini tentunya merepotkan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi. Oleh karena itu Pemerintah pada tahun 2014 menerbitkan fasilitas e-system pajak atau sekarang menyebutnya dengan aplikasi registrasi, e-Filing, dan e-Billing untuk memberikan fasilitas dan kemudahan Wajib Pajak dalam melakukan kewajibannya. Penelitian ini dibuat untuk mempelajari efek dari adanya aplikasi registrasi, e-Filing, dan e-Billing terhadap tax payer level satisfaction, dan dampaknya terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Penelitian ini dilakukan pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Jombang. Sampel sebanyak 103 responden digunakan dalam penelitian ini. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah PLS (Partial Least Squares) dengan menggunakan alat analisis data SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi registrasi berpengaruh signifikan terhadap tax payer level satisfaction, hal tersebut berdampak baik terhadap Wajib Pajak karena tidak perlu datang ke KPP setempat untuk mendaftarkan diri sebagai Wajib Pajak, hal tersebut dapat menghemat waktu Wajib pajak karena tidak perlu mengantri ke KPP setempat. E-Filing berpengaruh signifikan terhadap tax payer level satisfaction, hal tersebut berdampak baik karena membuat Wajib Pajak mudah, cepat, akurat dalam melaporkan SPTnya hanya menggunakan aplikasi atau website DJP, dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. E-Billing tidak berpengaruh terhadap tax payer level satisfaction, hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan mengenai sistem e-billing, dan tempat tinggal Wajib Pajak yang jauh dari bank, kantor pos, atau ATM, selain itu minimnya bank atau ATM membuat Wajib Pajak mengantri dan menguras banyak waktu. Tax payer level satisfaction berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak, karena semakin tinggi tax payer level satisfaction maka semakin tinggi juga tingkat kepatuhan Wajib Pajak.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Registrasi, E-Filling, E-Billing, Tax Payer Level Satisfaction, Kepatuhan Wajib Pajak |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Users 147 not found. |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 05:52 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 05:52 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42110 |
Actions (login required)
View Item |