Analisa Konsumen pada Beberapa Supermaket di Surabaya

Cosmas, David (1998) Analisa Konsumen pada Beberapa Supermaket di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232857

Abstract

Dewasa ini, seiring dengan perkembangan dunia usaha, terdapat banyak kecenderungan-kecenderungan perekonomian yang menyangkut berbagai hal diantaranya peningkatan biaya modal, ketenagakerjaan peningkatan pendapatan, perbedaan pola konsumsi dan perbedaan gaya hidup. Kecenderungan-kecenderungan tersebut dapat menciptakan peluang-peluang dan kendala bisnis. Salah satu bisnis yang berkembang dewasa ini adalah ritel bisnis supermarket. Berbagai hal yang tidak terlepas dari usaha ini menyangkut aspek teknologi, aspek sosial ketenagakerjaan, maupun aspek konsumen sebagai sasaran langsung usaha. Supermarket sebagai tempat pemenuhan kebutuhan konsumen dituntut mampu memenuhi apa yang dibutuhkan konsumen baik yang berhubungan dengan produk maupun non produk. Semakin banyaknya persaingan dalam bisnis ini menuntut upaya keras untuk memasarkan produk yang ditawarkan. Salah satu upaya adalah dengan mengetahui bagaimana karakteristik perilaku konsumennya. Adanya pasar yang kompleks membuat pendekatan demografi saja tidak cukup memadai. Oleh sebab itu dicoba melihat aktivitas dan perilaku riil belanja konsumen dalam melakukan segmentasi pasar pada beberapa supermarket di Surabaya yaitu Supermarket: Bonnet, Gelael, Hero, Sinar Darmo dan Sinar Bintoro. Hasil dari penelitian, untuk masing-masing supermarket didapatkan dua segmen responden berorientasi produk dan dua segmen responden berorientasi persepsi responden. Dari hasil tersebut juga didapatkan variabel demografi maupun aktivitas dan perilaku belanja yang terkait erat dengan masing-masing segmen yang terbentuk pada tiap supermarket serta bagaimana tanggapan konsumen terhadap kualitas pelayanan supermarket. Selanjutnya dapat dilihat bagaimana gambaran karakteristik perilaku konsumen pada tiap supermarket yang menjadi obyek penelitian.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 152 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2013 02:26
Last Modified: 16 Dec 2013 02:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4213

Actions (login required)

View Item View Item