Dinata, Hendra and Evelyn, Evelyn (2022) Rancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Untuk Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Bina Insani ICT Journal, 9 (1). pp. 63-72. ISSN 2355-3421 ; E-ISSN 2527-9777
PDF
Hendra Dinata_Rancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris.pdf Download (2MB) |
Abstract
Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran wajib dalam pendidikan Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Akhir (SMA). Dalam kurikulum 2013 saat ini, terdapat beberapa kendala dalam proses belajar mengajar pada materi Simple Present Tense dan Present Continuous Tense. Kendalanya seperti fokus siswa yang singkat dan sulitnya siswa memahami persepsi materi, ditambah materi pada buku paket yang kurang terstruktur menyebabkan siswa kesulitan membedakan jenis-jenis tenses. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu peningkatan pemahaman siswa Sekolah Dasar terkait materi Bahasa Inggris melalui bantuan sebuah aplikasi pembelajaran berbasis multimedia. Aplikasi dikembangkan menurut langkah-langkah Software Development Life Cycle (SDLC) dan menyajikan materi Simple Present Tense dan Present Continuous Tense dalam bentuk teks, audio, video infografis, kalimat contoh yang disertai gambar, soal-soal latihan dan kuis. Siswa juga dapat menjalani sesi latihan dan kuis untuk menilai tingkat pemahaman mereka. Aplikasi yang dibuat akan diuji cobakan kepada siswa yang sebelumnya melakukan pre-test. Hasil evaluasi post-test telah menunjukkan kenaikan rata-rata hingga 28,69% pada nilai siswa setelah siswa menggunakan aplikasi pembelajaran ini. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran yang dikembangkan telah berhasil membantu siswa dalam memahami materi Bahasa Inggris khusus materi Simple Present Tense dan Present Continuous Tense.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aplikasi pembelajaran, bahasa inggris, multimedia |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Information Technology |
Depositing User: | Ester Sri W. 196039 |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 04:27 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 02:52 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42191 |
Actions (login required)
View Item |