Karakteristik Yang Diharapkan Konsumen Pada Wiraniaga BMW

Damayanti, Febriana (2002) Karakteristik Yang Diharapkan Konsumen Pada Wiraniaga BMW. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148963

Abstract

Munculnya mobil-mobil mewah maupun impor sekarang ini memang sedang trend, dan untuk mengimbangi minat masyarakat akan mobil mewah tersebut maka suatu dealer mobil perlu meningkatkan kualitas layanan yang diberikan pada pelanggannya. Salah satu contohnya, yaitu BMW yang telah berhasil menduduki peringkat pertama dalam penjualan produknya, sekaligus mendapatkan predikat sebagai Customer Satisfaction 2001. Salah satu pihak dari dealer mobil yang banyak memegang peranan adalah wiraniaga, karena wiraniaga adalah pihak dari suatu perusahaan yang langsung menghubungkan citra perusahaan maupun produk ke konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik yang diharapkan konsumen pada wiraniaga BMW. Variabel penelitiannya adalah karakteristik wiraniaga adalah ciri-ciri atau segala aspek yang dicerminkan melalui tingkah laku dan sikap. Karakteristik wiraniaga diperoleh dari gabungan antara pendapat Miller (1955) dan hasil elisitasi. Untuk menunjang angket, ditambahkan lima dimensi untuk menggambarkan layanan yang diberikan (Zeithaml, Parasuraman & Berry, 1990) Penelitian ini bersifat Deskriptif-Kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel Systematic Random Sampling, yaitu dengan memilih responden dari daftar konsumen berdasarkan nomor genap pada pelanggan mobil BMW di PT. Astra International, Tbk- ESO. Metode analisis data menggunakan Analisis Faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik yang diharapkan konsumen pada wiraniaga BMW ada 5 faktor, diantaranya(1) Kompetensi, (2) Penampilan, (3) Pengetahuan Tentang Produk, (4) Empati, dan (5) Sikap Yang Baik. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka disarankan perusahaan dapat lebih memperhatikan segala hal yang diharapkan konsumen. Dengan asumsi bahwa kepuasan konsumen tergantung pada kesesuaian antara layanan yang diberikan dengan yang diharapkan. Sedangkan untuk penelitian selanjutnya, disarankan dapat lebih menyempurnakan apa yang telah dihasilkan pada penelitian ini.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 17 Jan 2014 09:25
Last Modified: 17 Jan 2014 09:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4224

Actions (login required)

View Item View Item