Hubungan Antara Adversity Quotient (AQ) Dengan Kinerja Finansial Advisor Asuransi Produk Rezeki Dari Bank Lippo

Handayani, Retno Wulan (2002) Hubungan Antara Adversity Quotient (AQ) Dengan Kinerja Finansial Advisor Asuransi Produk Rezeki Dari Bank Lippo. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148961

Abstract

Bekerja sebagai seorang salesman atau financial advisor (FA) sangat membutuhkan kegigihan dan keuletan dalam memasarkan produk, terlebih lagi jika produk yang ditawarkan berupa jasa seperti asuransi. FA yang baik diharapkan memiliki motivasi yang tinggi, tidak mudah putus asa dan kebal terhadap penolakan. Kerap kali permasalahan yang ada di lapangan akan membuat patah semangat, putus asa dan akhirya akan berpengaruh terhadap kinerjanya. Adversity Quotient banyak membahas tentang ketahanan seseorang dalam menghadapi kondisi, situasi dan keadaan yang penuh dengan keterpurukan, permasalahan dan konflik. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk melihat hubungan antara AQ dengan kinerja FA asuransi produk REZEKI dari Bank LIPPO. Subyek penelitian adalah seluruh FA asuransi REZEKI kantor cabang RMI-6 yang menunjukkan penurunan kinerja selama periode Oktober 2000 - September 2001. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan 40 angket yang terdiri dari 22 item tertutup dan 3 item terbuka. Untuk lebih menunjang data yang didapatkan maka peneliti mengadakan wawancara dengan subyek penelitian. Data kinerja FA didapatkan dari data dokumentasi perusahaan periode Oktober 2000 - September 2001 Hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut : (1) dari hasil perhitungan dengan teknik Korelasi Momen Tangkar menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara AQ dengan kinerja FA (r = 0.881, p ≤ 0.000),(2) dari hasil perhitungan dengan teknik Korelasi Parsial menunjukkan bahwa aspek control memiliki hubungan yang sangat signifikan terhadap kinerja, dibandingkan dengan aspek AQ yang lainnya (r = .499, p = .004), aspek origin menunjukkan ada hubungan yang signifikan dengan kinerja FA (r = .429, p = .016), aspek ownership menunjukkan hubungan yang cukup signifikan dengan kinerja FA (r = .289, p = .115), aspek reach menunjukkan tidak hubungan dengan kinerja FA (r = .184, p = .321) dan aspek endurance menunjukkan adanya hubungan yang cukup signifikan dengan kinerja FA (r = .285, p = .121), (3) analisa data menunjukkan FA yang termasuk dalam kategori Climbers ada 12 orang tetapi yang kinerjanya baik hanya 2 orang, hal ini dapat diperjelas dengan melihat hasil wawancara yang menunjukkan bahwa sebagian besar FA merasa terpaksa bekerja dan menganggap pekerjaan tersebut hanya sampingan, hal ini ternyata akan sangat berpengaruh pada kinerjanya,(4) sistem penilaian dengan hanya memperhitungkan jumlah penjualan unit asuransi (hasil) juga ikut berperan dalam menentukan kinerja FA, sebaiknya penilaian kinerja juga memperhitungkan usaha, kemampuan dan ketekunan FA dalam mencari nasabah dan menjual polis asuransi (proses), (5) produk yang ditawarkan sebaiknya ditinjau ulang agar konsumen lebih tertarik dan tidak merasa terbebani, sehingga jumlah pembatalan pembayaran polis dapat ditekan sekecil mungkin.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 17 Jan 2014 09:21
Last Modified: 17 Jan 2014 09:21
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4225

Actions (login required)

View Item View Item