Analisis Kualitas Produk Karty SIM Prabayar dan Kualitas Layanan Provider Masing-masing Kartu SIM Prabayar di Surabaya

Soelimin, Ricky Antonius (1999) Analisis Kualitas Produk Karty SIM Prabayar dan Kualitas Layanan Provider Masing-masing Kartu SIM Prabayar di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232860

Abstract

Telepon selular sudah menjadi hal yang umum di masyarakat kita. Apalagi dengan adanya produk kartu GSM prabayar di Indonesia memberikan kemudahan bagi konsumen untuk berponsel tanpa harus dipusingkan dengan masalah administrasi yang berbelit seperti pada kartu GSM pascabayar dan menjadikannya sebagai produk yang sangat diminati oleh kalangan pengguna ponsel. Adanya krisis moneter yang melanda Indonesia membawa hikmah tersendiri bagi kalangan masyarakat_ Masyarakat menjadi lebih kritis dalam memilih produk kartu GSM prabayar yang hendak digunakan. Oleh karena itu provider dituntut untuk mengerti dan memahami apa yang diinginkan konsumen dalam memilih suatu produk kartu GSM prabayar. Sehingga perlu dilakukan analisis terhadap kualitas produk dan kualitas layanan berdasarkan persepsi dan ekspektasi konsumen pengguna kartu GSM prabayar dengan baik dan tepat. Dengan adanya informasi tersebut diharapkan nantinya pengungkapan suatu fakta yang dapat dijadikan input bagi provider kartu GSM prabayar untuk memperbaiki kualitas produk dan kualitas layanannya yang menurut konsumen masih dirasa perlu untuk diperbaiki dan ditingkatkan. sehingga diharapkan dapat mencapai tujuan akhir yaitu menaikkan prosentase penjualan dan menjaga Ioyalitas konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada konsumen yang menggunakan salah satu dari ketiga kartu GSM prabayar yang ada di Surabaya Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk. mengambarkan karakteristik konsumen masing-masing kartu prabayar secara umum. Selanjutnya dilakukan analisis cluster untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan tingk:at kepuasan (PkonsumenĀ­ Ekonsumen) konsumen masing-masing kartu GSM prabayar. Untuk mengetahui karakteristik masing-masing cluster dilakukan analisis Cross Tabs dan untuk menguji apakah tiap-tiap cluster yang terbentuk mempunyai perbedaan tcrhadap tingkat kepuasan dilakukan analisis MANOVA. Kemudian dilakukan analisis kesenjangan antara persepsi dan ekspektasi konsumen terhadap kualitas produk terhadap masmg-masing cluster untuk setiap kartu GSM prabayar dengan menggunakan acuan variabel-variabel dan 3 Tingkatan Produk serta dilakukan pula analisis GAP 5 terhadap masing-masing cluster untuk setiap kartu GSM prabayar dengan menggunakan acuan variabel-variabel dan 5 Dimension of Service Quality. Selain itu juga dilakukan analisis perbandingan tingkat kepuasan antara ketiga kartu GSM prabayar secara keseluruhan. Berdasarkan hasil analisis diatas. untuk kartu GSM prabayar simPATI,. PRO-XL maupun Mentari terbentuk 2 cluster. Dari hasil MANOVA dapat diketahui bahwa cluster 1 mempunyai tingkat kepuasan yang lebih rendah daripada cluster 2 dan dari hasil analisis perbandingan tingkat kepuasan konsumen antara ketiga kartu GSM prabayar tersebut dilihat bahwa secara keseluruhan hampir disetiap variabel konsumen Mentari mempunyai tingkat kepuasan terendah bila dibandingkan dengan konsumen kedua pesaingnya. Hasil lain dari penelitian ini adalah dapat diketahui variabel-variabel yang perlu mendapat perhatian dari provider kartu GSM prabayar di Surabaya Kemudian dilakukan analisis perbaikan terhadap variabel yang terletak pada kuadran IV baik untuk kualitas produk maupun untuk kualitas layanan dimana variabel tersebut mempunyai tingkat persepsi diatas rata-rata tingkat persepsi secara keseluruhan dan tingkat persepsi dibawah rata-rata tingkat persepsi secara keseluruhan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi provider masing-masing kartu GSM prabayar di Surabaya untuk meningkatkan kualitas produk dan kualitas layanannya sehingga bisa memenuhi harapan konsumen dan konsumen menjadi loyal.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 152 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2013 03:49
Last Modified: 16 Dec 2013 03:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4227

Actions (login required)

View Item View Item