Persepsi Pasien Diabetes dan Hipertensi di Puskesmas mengenai Makna Kesinambungan Informasi Perawatan

Annisa, Sandra and Aditama, Lisa and Putro, Trijono Patono and Irawati, Sylvi (2022) Persepsi Pasien Diabetes dan Hipertensi di Puskesmas mengenai Makna Kesinambungan Informasi Perawatan. Jurnal Pharmaceutical-care Anwar Medika (J-PhAM), 5 (1). ISSN 2654-8364; E-ISSN: 2684-7361 (Submitted)

[thumbnail of LOA Sandra.pdf] PDF
LOA Sandra.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of Journal Sandra.docx] HTML
Journal Sandra.docx

Download (58kB)

Abstract

Kesinambungan informasi perawatan (informational continuity of care) adalah bagian penting dari kesinambungan perawatan (continuity of care). Persepsi pasien diabetes dan hipertensi mengenai makna kesinambungan informasi perawatan dapat mempengaruhi perilakunya dalam memanfaatkan sistem rujuk balik Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dimana hal ini pada akhirnya dapat mempengaruhi hasil pengobatan yang diharapkan. Tujuan penelitian: Menggali persepsi pasien diabetes melitus tipe 2 (DMT2) dan hipertensi program rujuk balik (PRB) di Puskesmas Loa Bakung Samarinda mengenai makna kesinambungan informasi perawatan. Bahan dan Metode: Rancangan penelitian adalah kualitatif. Populasi adalah pasien DMT2 dan hipertensi PRB di Puskesmas Loa Bakung Samarinda. Sampel dipilih secara purposive dengan memperhatikan variasi maksimum. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur dan dihentikan pada saat tercapai saturasi data. Hasil: Sebanyak 25 pasien berpartisipasi dalam penelitian ini. Pasien memandang kesinambungan informasi perawatan sebagai hal yang penting dengan alasan beragam yang menunjukkan fokus pasien pada keberlanjutan pengobatan, pengobatan yang benar dan pengendalian penyakit. Kesimpulan: Persepsi pasien mengenai makna kesinambungan informasi perawatan masih terbatas pada kepentingan kesinambungan perawatan dan hasil akhirnya bagi pasien, namun belum menyentuh pada dimensi yang lebih dalam terkait informasi perawatan. Persepsi tersebut memberikan gambaran mengenai apa yang menjadi kebutuhan pasien dari pelayanan kesehatan. Seberapa besar sistem pelayanan kesehatan nasional, termasuk program rujuk balik, menjawab kebutuhan ini masih memerlukan eksporasi lebih lanjut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: persepsi, kesinambungan informasi perawatan, diabetes melitus, hipertensi, program rujuk balik, puskesmas
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Clinical Pharmacy
Depositing User: Sandra Annisa
Date Deposited: 05 Aug 2022 09:17
Last Modified: 05 Aug 2022 09:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42274

Actions (login required)

View Item View Item