Studi Tingkat Risiko Penyakit Kardiovaskular 10-tahun Menggunakan Systematic Coronary Risk Evaluation (SCORE) pada Kohort Pekerja di Perusahaan Jasa Transportasi (Study of 10-year Risk for Cardiovascular Disease using the Systematic Coronary Risk Evaluation (SCORE) in a Cohort of Workers in a Transportation Service Company)

Novita, Ellok Dian and Irawati, Sylvi and Wibowo, Yosi Irawati (2023) Studi Tingkat Risiko Penyakit Kardiovaskular 10-tahun Menggunakan Systematic Coronary Risk Evaluation (SCORE) pada Kohort Pekerja di Perusahaan Jasa Transportasi (Study of 10-year Risk for Cardiovascular Disease using the Systematic Coronary Risk Evaluation (SCORE) in a Cohort of Workers in a Transportation Service Company). Jurnal Pharmaceutical-care Anwar Medika (J-PhAM), 5 (1). pp. 37-48. ISSN 2654-8364; E-ISSN: 2684-7361

[thumbnail of Yosi Irawati_Risiko Penyakit Kardiovaskular.pdf] PDF
Yosi Irawati_Risiko Penyakit Kardiovaskular.pdf

Download (1MB)
Official URL / DOI: http://jurnal.stikesrsanwarmedika.ac.id/index.php/...

Abstract

Salah satu strategi awal pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular, termasuk penyakit kardiovaskular, adalah dengan melakukan penilaian tingkat risiko penyakit kardiovaskular pada level individu maupun populasi. Systematic Coronary Risk Evaluation (SCORE) merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menilai tingkat risiko penyakit kardiovaskular 10-tahun. Tingkat risiko penyakit kardiovaskular 10-tahun pada populasi pekerja dapat berbeda daripada risiko pada populasi umum. Penelitian mengenai prevalensi tingkat risiko penyakit kardiovaskular 10-tahun pada populasi pekerja di Indonesia masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan prevalensi tingkat risiko penyakit kardiovaskular 10-tahun pada populasi pekerja dewasa dari suatu perusahaan jasa transportasi (industry kerah biru), disebut dengan PT “X”, di Jawa Timur. Desain penelitian adalah cross-sectional. Sumber data yang digunakan adalah database hasil pemeriksaan kesehatan PT “X” pada tahun 2021. Data dianalisis secara deskriptif. Tingkat risiko penyakit kardiovaskular 10-tahun dinilai menggunakan SCORE. Sebanyak 2.423 orang dari 2.451 pekerja memenuhi kriteria inklusi. Prevalensi tingkat risiko penyakit kardiovaskular 10-tahun adalah sebagai berikut: tingkat risiko menengah 70,00%, rendah 23,65%, tinggi 5,98%, dan sangat tinggi 0,37%. Meskipun prevalensi tingkat risiko penyakit kardiovaskular 10-tahun sangat tinggi-tinggi pada populasi pekerja di PT “X” lebih rendah dibandingkan dengan penelitian terdahulu, relative besarnya prevalensi faktor risiko kardiovaskular yang penting seperti merokok dan obesitas pada populasi pekerja tetap perlu dikendalikan untuk pencegahan primer dan pencegahan kejadian kardiovaskular dini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: penyakit kardiovaskular, tingkat risiko penyakit kardiovaskular 10-tahun, SCORE, kohort pekerja
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: ELLOK DIAN NOVITA
Date Deposited: 19 Aug 2022 08:13
Last Modified: 18 Dec 2023 09:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42350

Actions (login required)

View Item View Item