Meta-Analysis antara Hubungan Self-Concept dengan Academic Achievement

Shinta, Dewani Dama and Yudiarso, Ananta (2021) Meta-Analysis antara Hubungan Self-Concept dengan Academic Achievement. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5). pp. 2620-2625. ISSN 2656-8063 (Media Cetak); 2656-8071 (Media Online)

[thumbnail of Meta-analysis antara hubungan self-concept dengan academic achievement.pdf] PDF
Meta-analysis antara hubungan self-concept dengan academic achievement.pdf

Download (507kB)
Official URL / DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.798

Abstract

Pengalaman dan kualitas diri yang dimiliki seseorang dapat membentuk prestasi akademik yang baik, semakin positif konsep diri seseorang akan semakin tinggi prestasi akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-concept dan academic achievement dengan menggunakan metode meta-analysis melalui literatur reviu – 12 studi dari berbagai negara dengan 12 koefisien korelasi dengan jumlah total subjek sebanyak 5.036. Uji statistik menunjukkan bahwa self-concept dan academic achievement memiliki small effect size correlation (r = 0.25), dengan heterogenitas tinggi (I2 = 96%), dan nilai P sebesar 0.14 (α = 0.05) pada hasil indikator bias Egger menunjukkan tidak adanya bias publikasi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa adanya hubungan antara self-concept dengan academic achievement secara tidak langsung.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Dewani Dama Shinta
Date Deposited: 19 Aug 2022 08:20
Last Modified: 22 Aug 2022 04:07
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42351

Actions (login required)

View Item View Item