Rancangan Intervensi Perilaku Disiplin pada Kelompok Siswa SD X di Surabaya

Hazimatunnisa, Dewi (2022) Rancangan Intervensi Perilaku Disiplin pada Kelompok Siswa SD X di Surabaya. Jurnal Psikologi dan Konseling, 21 (2). ISSN 2502-7190 (Submitted)

[thumbnail of LoA Dewi.pdf] PDF
LoA Dewi.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of JURNAL DEWI H-Rancangan Intervensi Perilaku Disiplin pada Kelompok Siswa SD X di Surabaya.docx] HTML
JURNAL DEWI H-Rancangan Intervensi Perilaku Disiplin pada Kelompok Siswa SD X di Surabaya.docx

Download (48kB)

Abstract

Permasalahan ditemukan pada sistem SD X melalui metode asesmen observasi dan wawancara dengan kepala sekolah, dua orang wakil kepala sekolah, guru BK, dua orang walikelas, dan beberapa siswa. Berdasarkan hasil asesmen dinyakan bahwa banyak siswa SD X yang menunjukkan perilaku ketidak disiplinan, khususnya terkait atribut dan keterlambatan. Sedangkan sistem atau sekolah mengharapkan siswa menunjukkan perilaku disiplin pada kedua hal tersebut. Permasalahan tersebut terjadi karena kebijakan dan program kedisiplinan atribut dan keterlambatan tidak efektif, sehingga penulis memberikan usulan program yang dapat diterapkan sekolah, yaitu (1) Discipline Awards yang bertujuan untuk menumbuhkan motivasi siswa dan orangtua agar dapat membantu siswa dalam melakukan perilaku disiplin. (2) Discipline Record yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada orangtua terkait keterlambatan siswa. Selain itu, pada level siswayaitu (3) memberikan materi mengenai disiplin melalui media poster yang bertujuan agar siswa lebih paham tentang pentingnya disiplin sehingga dapat meniru sikap disiplin yang sudah diterapkan oleh beberapa tokoh dan negara yang tertera di dalam poster.Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa sekolah belum memiki sistem yang efektif untuk menyadarkan dan membuat siswa dapat menunjukkan sikap disiplin, khususnya dalam atribut dan keterlambatan. Sekolahdapat menerima saran daripemeriksa, namun tidak semua intervensi dapat langsung diimplementasikan dengan pertimbangan tertentu. Intervensi yang dapat langsung diterapkan yaitu program Discipline Awards dan poster untuk siswa. Sedangkan intervensi yang tidak dapat langsung diterapkan yaitu Discipline Record.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: disiplin, ketidakdisiplinan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:01
Last Modified: 22 Aug 2022 03:01
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42365

Actions (login required)

View Item View Item