Wicaksono, Dian Eko and Tjahjoanggoro, A. J. (2021) Formula Strategi Pada Perusahaan Startup Manufaktur Tekstil, Studi Kasus: PT. X. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 8 (2). pp. 60-73. ISSN 2460-3775
PDF
12196-35260-1-PB.pdf Download (828kB) |
Abstract
Perusahaan manufaktur tekstil yang berfokus pada produksi sarung tangan berjuang untuk bisa terus bersaing walau masih dalam kategori perusahaan startup. Untuk bisa bersaing dengan perusahaan lain yang sudah eksis maka perlunya formula strategi yang tepat dan sesuai. Tujuan dari penelitian untuk melakukan analisis dan merumuskan visi dan misi perusahaan, analisis eksternal dan internal perusahaan guna merumuskan strategi yang sesuai dengan kondisi PT. X saat ini. Terdapat empat langkah merumuskan formula strategi, dimana dengan dilakukan analisi tipe strategi, analisis visi dan misi, analisis internal dan eksternal, dan perumusan formula strategi yang dilakukan dengan analisis IFE, EFE, CPM, SWOT, STAGE, BCG, IE, Grand Strategy dan QSPM. Hasil yang didapatkan bahwa strategi yang tepat yaitu strategi pengembangan produk, strategi pengembangan pasar, strategi diversifikasi, strategi penetrasi pasar, backward integration. Selain itu adanya penyusunan tagline dan visi serta misi yang baru untuk perusahaan PT. X sesuai dengan kondisi saat ini, untuk bisa bertahan dan mengembangkan jangkauan bisnisnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Startup, manufaktur tekstil, formula strategi, visi dan misi, tagline |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Psychology |
Depositing User: | Dian Eko Wicaksono |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 08:14 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 08:14 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42379 |
Actions (login required)
View Item |