Faktor Penting Preferensi Konsumen Pada Water Kefir Teh Ashitaba

Kusumastuti, Benedicta Ratih and Pantjajani, Tjandra and Kusumawardhany, Prita Ayu and Widjaja, M.E. Lanny Kusuma and Iswadi, Hazrul and Dewi, Ardhia Deasy Rosita (2022) Faktor Penting Preferensi Konsumen Pada Water Kefir Teh Ashitaba. Media Pharmaceutica Indonesiana, 4 (1). pp. 44-55. ISSN 1411-8734

[thumbnail of Ardhia Deasy Rosita Dewi _Faktor Penting Preferensi Konsumen.pdf] PDF
Ardhia Deasy Rosita Dewi _Faktor Penting Preferensi Konsumen.pdf

Download (1MB)
Official URL / DOI: https://journal.ubaya.ac.id/index.php/MPI/article/...

Abstract

Preferensi konsumen terhadap sebuah produk perlu diperhatikan khususnya untuk produk yang masih jarang beredar di masyarakat seperti kefir air (water kefir). Pada penelitian ini, pembuatan water kefir menggunakan bahan dasar berupa serbuk ashitaba (Angelica keiskei). Tanaman ashitaba banyak dibudida- yakan di Indonesia namun sedikit pemanfaatannya. Ashitaba memiliki banyak manfaat seperti antihiperten- si, antistroke, dan kaya akan antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penting penentu preferensi konsumen terhadap water kefir teh ashitaba menggunakan kuesioner daring dengan metode Principal Component Analysis (PCA) serta mengetahui pengaruh dari variasi konsentrasi serbuk ashitaba dan lama perebusan terhadap aktivitas antioksidan water kefir teh ashitaba. Hasil analisis dengan metode PCA didapatkan beberapa faktor, dari faktor yang terpenting hingga faktor yang dianggap kurang penting bagi konsumen dalam membuat keputusan untuk membeli water kefir teh ashitaba. Faktor-faktor tersebut adalah aktivitas antioksidan, kandungan vitamin C, dan total bakteri asam laktat dengan skor berturut-turut 0,854; 0,816; dan 0,778. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari konsentrasi serbuk teh ashitaba (5 dan 10%) dan lama perebusan (2, 5, dan 8 menit) terhadap aktivitas antioksidan dari wa- ter kefir teh ashitaba. Hasil uji aktivitas antioksidan yang didapat dari nilai inhibisi terhadap DPPH yaitu sebesar 55,57±0,56% didapat dari konsentrasi serbuk teh ashitaba 10% b/v dan lama perebusan 8 menit. Consumer preference need to be considered, particularly for products that are rarely available in the public, such as water kefir. Ashitaba (Angelica keiskei) powder is the main ingredient in this study. Ashitaba is mainly grown in Indonesia, still underutilized, although has beneficial properties. The purpose of this study, to know important factors of consumer preference to buy water kefir made from ashitaba tea using an online questionnaire then analyzed with principal component analysis (PCA). Determining factors of consumer to buy product are obtained from the analysis with PCA method, from the most to less important that are considered consumers to buy water kefir ashitaba tea. These factors are the antioxidant activity, vitamin C, and total lactic acid bacteria with a score of 0.854; 0.816; and 0.778, respectively. Another purpose is to determine the effect and interaction of ashitaba tea powder concentration (5 and 10%) and time to boil (2, 5, and 8 minute) on the anti oxidant activity from water kefir ashitaba tea. The result showed that antioxidant activity, presented by inhibition value against DPPH, is 55.57±0.56% from ashitaba tea powder concentration 10% and boiling time 8 minutes.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ashitaba; kefir air; PCA; preferensi konsumen
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Technobiology > Department of Biology
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 23 Aug 2022 05:18
Last Modified: 06 Mar 2024 08:23
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42383

Actions (login required)

View Item View Item