Hubungan Antara Hedonic Shopping Motivation dengan Impulsive Buying Konsumen Produk Fashion Melalui E-commerce

Putri, Irena Adinda (2022) Hubungan Antara Hedonic Shopping Motivation dengan Impulsive Buying Konsumen Produk Fashion Melalui E-commerce. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_1469_Abstrak.pdf] PDF
IN_1469_Abstrak.pdf

Download (121kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/265487

Abstract

Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi membuat pola pembelian konsumen secara online melalui e-commerce terutama pada remaja semakin meningkat. Saat seseorang menyadari perilaku dan preferensi pembelian tidak hanya berdasarkan gaya hidup, tetapi juga menurut karakteristik produk yang hedonis maka munculah hedonic shopping motivation Ketika seseorang berbelanja dengan motivasi hedonis, ada kemungkinan untuk membeli produk secara impulsif hanya karena mereka menyukainya tanpa mempertimbangkan hasilnya. Seseorang yang terdorong untuk membeli tanpa adanya perencanaan maka munculah perilaku impulsive buying. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara hedonic shopping motivation dengan impulsive buying konsumen produk fashion melalui e-commerce. Subjek pada penelitian ini berjumlah 310 orang berusia 18-25 tahun yang dipilih dengan teknik incidental non random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dengan menggunakan alat ukur hedonic shopping motivations scale dan impulse buying tendency scale. Data uji hipotesis diolah menggunakan korelasi Spearmans. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan positif antara hedonic shopping motivation dengan impulsive buying konsumen produk fashion melalui e-commerce dengan (r = 0,681, dan p = 0,000 0,05). Adanya korelasi yang positif menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat hedonic shopping motivation seseorang tinggi maka akan semakin tinggi pula impulsive buying yang terjadi.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: e-commerce, fashion, hedonic shopping motivation, impulsive buying
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:53
Last Modified: 05 Sep 2022 07:53
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42461

Actions (login required)

View Item View Item