Hubungan Academic Self-concept dengan Academic Adjustment Mahasiswa dimasa New Normal

Khalida, Nabila Rizqi (2022) Hubungan Academic Self-concept dengan Academic Adjustment Mahasiswa dimasa New Normal. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_589_Abstrak.pdf] PDF
ED_589_Abstrak.pdf

Download (377kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/265549

Abstract

Pandemi COVID-19 berdampak besar pada sektor pendidikan. Hal ini menjadi tantangan yang dihadapi mahasiswa yaitu melakukan penyesuaian transisi kegiatan akademik dan metode pembelajaran di perkuliahan. Fenomena ini perlu mendapat perhatian lebih dan melihat konsep diri akademik mahasiswa. Konsep diri akademik siswa membantu siswa dalam memberikan pemahaman tentang kemampuan akademik mereka dan tentang rasa diri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara konsep diri akademik dengan penyesuaian akademik mahasiswa. Partisipan penelitian adalah 400 mahasiswa angkatan 2019, 2020 dan 2021 di Indonesia yang telah menerapkan e-learning di masa pandemic dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Academic Self-Concept Questionnaire (ASCQ) dan Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ). Analisis data menggunakan korelasi Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara konsep diri akademik dengan penyesuaian akademik mahasiswa (r= 0,623** p 0,001). Hasil penelitian menunjukkan bahwa individu dapat mengatasi penyesuaian diri ketika memiliki konsep diri akademik yang baik karena individu mengetahui kemampuan akademiknya dan keyakinan tentang kemampuannya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Academic Self-Concept, Academic Adjustment, New Normal, Online Learning.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 07 Sep 2022 07:49
Last Modified: 07 Sep 2022 07:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42487

Actions (login required)

View Item View Item