Kewenangan Majelis Kehormatan Notaris dalam Memberikan Persetujuan atau Penolakan Atas Permintaan Penyidik Terhadap Emeritus Notaris

Arrilia, Della (2022) Kewenangan Majelis Kehormatan Notaris dalam Memberikan Persetujuan atau Penolakan Atas Permintaan Penyidik Terhadap Emeritus Notaris. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MKN-654_Abstrak.pdf] PDF
MKN-654_Abstrak.pdf

Download (37kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/265655

Abstract

Penyidik dalam mengambil fotokopi minuta akta dan memanggil Notaris untuk pemeriksaan harus mendapat persetujuan dari MKN, namun ketentuan tersebut tidak berlaku bagi Emeritus Notaris. Padahal ketentuan tersebut bermakna persetujuan untuk mengambil suatu Akta Notaris beserta Notaris yang membuat akta tersebut dan bagaimana jika Notaris yang membuat Akta tersebut sudah pensiun / Emeritus Notaris. Permasalahannya apakah MKN berwenang memberikan persetujuan atau penolakan atas permintaan penyidik terhadap Emeritus Notaris lalu bagaimana perlindungan hukum bagi Emeritus Notaris oleh MKN atas permintaan penyidik. Penelitian ini adalah penelitian hukum yuridis normatif dengan pendekatan konseptual dan perundang- undangan. Hasil dari penelitian yaitu secara normatif MKN tidak diberikan kewenangan dalam memberikan persetujuan atau penolakan terhadap permintaan penyidik atas pemanggilan Emeritus Notaris. Perlindungan hukum bagi Emeritus Notaris oleh MKN atas permintaan penyidik terhadap pemanggilan Emeritus Notaris mendasarkan pada Pasal 65 UUJN Perubahan bahwa Notaris harus bertanggungjawab atas setiap akta yang dibuatnya meskipun Protokol Notaris telah diserahkan kepada pihak penyimpan Protokol Notaris. Atas dasar ketentuan Pasal 65 UUJN Perubahan tersebut untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum dalam memberikan persetujuan atau penolakan terhadap permintaan penyidik atas pemanggilan Emeritus Notaris perlu dilakukan perubahan Pasal 66 UUJN Perubahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kewenangan, Majelis Kehormatan Notaris, Emeritus Notaris
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Notary
Depositing User: BAMBANG SEPTIAWAN
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:45
Last Modified: 13 Sep 2022 03:45
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42533

Actions (login required)

View Item View Item