Pengaruh Cognitive Behavior Therapy (cbt) dalam Meningkatkan Self-care Management pada Penderita Diabetes Melitus Tipe II

Wedanthi, Putu Hening (2022) Pengaruh Cognitive Behavior Therapy (cbt) dalam Meningkatkan Self-care Management pada Penderita Diabetes Melitus Tipe II. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPSI_607_Abstrak.pdf] PDF
MPSI_607_Abstrak.pdf

Download (78kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/265901

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui pengaruh cognitive behavior therapy dalam meningkatkan self-care management pada penderita diabetes melitus tipe 2. Metode penelitian ini menggunakan single case experiment yang menggabungkan antara metode kuantitatif dan kualitatif. Partisipan pada penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling berdasarkan atas kriteria inklusi dan eksklusi. Partisipan berjumlah dua orang dengan jenis kelamin perempuan. Partisipan merupakan penderita diabetes melitus tipe 2 yang memiliki self-care management rendah. Metode kuantiatif pada penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan skor Summary of Self-Care Activities (SDSCA) pada saat pre-test, post-test dan follow up. Behavioral check list yang telah disusun kemudian dianalisis menggunakan metode trend analysis. Cognitive Behavior Therapy disusun dalam 6 sesi selama 4 minggu dengan menyasar pada distorsi kognitif penyebab rendahnya self-care management pada kedua peserta penelitian ini. Hasil intervensi menunjukkan bahwa cognitive behavior therapy dapat membantu partisipan untuk mengidentifikasi distorsi kognitif yang dialami sehingga memengaruhi perilaku self-care management kedua partisipan Hal ini terlihat dari perubahan skor antara pre-test dan post-test serta dari hasil trend analysis yang menunjukkan peningkatan self-care management pada kedua partisipan secara signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: cognitive behavior therapy, self care management, distorsi kognitif, diabetes melitus tipe 2.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 26 Sep 2022 09:01
Last Modified: 26 Sep 2022 09:01
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42611

Actions (login required)

View Item View Item