Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Generasi Milenial Terhadap Minat Beli Produk Tiruan di Online Marketplace

Sastika, Wulan (2022) Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Generasi Milenial Terhadap Minat Beli Produk Tiruan di Online Marketplace. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MM_618_Abstrak.pdf] PDF
MM_618_Abstrak.pdf

Download (122kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/265980

Abstract

Era global saat ini telah memasuki era revolusi industri 4.0 seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat salah satunya perkembangan internet yang cepat sehingga banyak muncul online marketplace. Diiringi dengan munculnya wabah COVID-19, banyak orang lebih menyukai belanja online. Adanya tuntutan untuk membeli produk fashion, kebanyakan orang menjadikan produk fashion tiruan menjadi alternatif utama. Salah satu target adalah generasi milenial yang saat ini jumlahnya mendominasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh value consciousness, brand consciousness, perceived risk, materialsm, social influence, status consumption, integrity terhadap attitude towards counterfeit untuk belanja di online marketplace. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil dari kuesioner. Responden berjumlah 200 responden yang merupakan generasi milenial yang memiliki akun online marketplace dan pernah membeli produk tiruan yang ada di online marketplace. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural Equation Modelling (SEM). Analisis SEM menggunakan program AMOS 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan materialsm dan social influence berpengaruh positif terhadap attitude towards counterfeit. Sedangkan value consciousness, brand consciousness, status consumption, dan integrity tidak memiliki pengaruh terhadap attitude towards counterfeit dan perceived risk berpengaruh negatif terhadap attitude towards counterfeit. Dan pada penelitian ini adanya variabel moderator income.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: value consciousness, materialsm, social influence
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2022 11:37
Last Modified: 29 Sep 2022 11:37
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42646

Actions (login required)

View Item View Item