Peningkatan Kualitas Layanan dengan Pendekatan Servqual, Kano, dan Qfd Serta Perancangan Perbaikan Strategi Pemasaran di Ayam Bakar Pak ?EUR~d?EUR(TM) Sidoarjo

Prasetya, Danny (2022) Peningkatan Kualitas Layanan dengan Pendekatan Servqual, Kano, dan Qfd Serta Perancangan Perbaikan Strategi Pemasaran di Ayam Bakar Pak ?EUR~d?EUR(TM) Sidoarjo. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_4549_Abstrak.pdf] PDF
TM_4549_Abstrak.pdf

Download (533kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/266177

Abstract

Di Indonesia, industri kuliner sangat berkembang pesat dan khususnya di kabupaten Sidoarjo industri kuliner terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dengan banyaknya restoran atau rumah makan yang berdiri di kabupaten Sidoarjo, dipastikan persaingan di industri kuliner semakin ketat di kabupaten Sidoarjo. Ayam Bakar Pak D Sidoarjo merupakan rumah makan yang menyediakan makanan olahan ayam dan ikan di Sidoarjo yang telah berdiri sejak tahun 2016. Selama berdirinya rumah makan Ayam Bakar Pak D Sidoarjo sampai sekarang masih terdapat beberapa masalah yang belum terselesaikan dan masalah tersebut sering menjadi keluhan konsumen. Untuk strategi pemasaran yang dilakukan oleh Ayam Bakar Pak D Sidoarjo juga dinilai kurang adanya inovasi. Oleh karena itu, untuk memperbaiki kualitas layanan dan strategi pemasaannya maka Ayam Bakar Pak D Sidoarjo perlu mengetahui kepuasan konsumen saat ini serta apa saja kebutuhan konsumen yang harus dipenuhi. Maka metode yang digunakan untuk memperbaiki kualitas layanan yang ada di Ayam Bakar Pak D Sidoarjo menggunakan SERVQUAL, Kano, dan QFD. Untuk memperbaiki strategi pemasaran yang ada pada Ayam Bakar Pak D Sidoarjo metode yang digunakan adalah analisis SWOT, STP, dan Marketing Mix. Setelah dilakukan pengumpulan data, selanjutnya melakukan perhitungan gap 5 dan nilai skor kepuasan pada tiap atribut. Setelah itu melakukan penentuan atribut layanan sesuai kategori Kano. Atribut dengan kategori attractive dan one dimensional akan masuk kedalam analisis HOQ sebagai prioritas untuk diperbaiki. Dengan menggunakan metode QFD diperoleh 8 usulan perbaikan kualitas layanan dan dengan menggunakan analisis SWOT, STP, dan Marketing Mix diperoleh 5 usulan perbaikan strategi pemasaran

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, SERVQUAL, Kano, QFD, SWOT, Marketing Mix, Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:55
Last Modified: 11 Oct 2022 08:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42724

Actions (login required)

View Item View Item