Perancangan Strategi Bisnis Restoran Alibi Semarang Serta Pengembangan Strategi Pemasaran Untuk Model yang Baru

Ananda, Pradhiva Bayu Wahyu (2022) Perancangan Strategi Bisnis Restoran Alibi Semarang Serta Pengembangan Strategi Pemasaran Untuk Model yang Baru. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_4553_Abstrak.pdf] PDF
TM_4553_Abstrak.pdf

Download (106kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/266199

Abstract

Restoran Alibi Coffee and Resto merupakan restoran yang berada di kota Semarang Jawa Tengah. Merupakan restoran yang telah berdiri ditahun 2012 dan telah diakuisisi oleh pemiliknya sekarang pada tahun 2019. Restoran Alibi Semarang memiliki beberapa fasilitas yang lengkap mulai dari tempat yang nyaman dengan tempat duduk sofa serta beberapa ruangan vip untuk acara tertentu. Adanya acara live music tiap hari juga membuat fasilitas restoran lebih lengkap untuk bersantai. Akan tetapi akibat adanya covid 19 Restoran Alibi Semarang juga mengalami penurunan penjualan dengan adanya pandemi karena beberapa pembatasan pelanggan dan aturan pemerintah untuk menghindari kerumunan dan hal ini juga berkesinambungan dengan model baru Restoran Alibi Semarang yang menghilangkan menu alkoholnya. Oleh sebab itu, perlu adanya analisis mengenai strategi bisnis dan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan dari Restoran Alibi Semarang. Pengambilan data awal dilakukan dengan melakukan wawancara dengan pihak Restoran Alibi Semarang dan dilanjutkan dengan melakukan pembagian survey awal kepada 10 orang pelanggan Restoran Alibi Semarang. Dan hasil rekapitulasi survey awal dijadikan penentuan variabel kuisioner. Dan kemudian dilakukan penyebaran kuisoner demografis dan bauran pemasaran kepada pelanggan Restoran Alibi Semarang sebanyak 80 responden dan pelanggan potensial sebanyak 100 responden. Setelah itu dilakukan rekapitulasi data berdasarkan hasil dari penyebaran kuisoner dan kemudian melakukan uji validitas Dan kemudian pada tahap analisis strategi bisnis pada tahap input yaitu Internal Factor Evaluation (IFE) adalah 3,2 dan External Factor Evaluation (EFE) adalah 3,3 dan untuk Competitive Profil Matrix (CPM) Restoran Alibi Semarang mendapat 3,48 (dari 4), Holywingsmendapat 3,28 (dari 4), IBS mendapat 2,84 (dari 4), IBC mendapat 2,8 (dari 4), dan Solaria mendapat 3,12 (dari 4). Masuk tahap penyesuaian, Grand Strategy Management (GSM) dengan hasil Kuadran I dan Kuadran III. Tahap Keputusan atau Quantitive Strategy Planning Matrix(QSPM), diperoleh usulan strategi yaitu penetrasi pasar. Dan kemudian analisis strategi pemasaran yaitu Importance Performance Analysis (IPA), STPD dan 4P. Pada Importance Performance Analysis (IPA), diperoleh hasil prioritas perbaikan yaitu Harga1, Produk 3, Promosi 1, danPromosi 2. Untuk segmentation geografis Restoran Alibi Semarang membuka restoran dekat dengan kampus. Usulan targeting adalah melakukan promosi secara berkala dan memberi tambahan waktu live music. Untuk positioning dengan usulan membuat positioning statement cozy and chill. Sedangkan untuk ususlan Differentiation adalah melakukan perubahan pelayanan sesuai dengan standar covid saat ini dan beberapa inovasi berbeda dari restoran lainya. Pada bauran pemasaran untuk product adalah perbaiki layanan penyajian agar lebih cepat, untuk price memberi beberapa paket menu, untuk promotion melakukan pemasangan timeline pada bagian depan restoran untuk promosi dan melalui sosial media. Dan untuk place sudah cukup baik karena restoran sudah memenuhi kriteria dari apa yang diharapkan pelangganya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Strategi Bisnis, Strategi Pemasaran, Penetrasi Pasar
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 12 Oct 2022 09:16
Last Modified: 12 Oct 2022 09:16
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42730

Actions (login required)

View Item View Item