Hambatan-hambatan yang Memengaruhi Penerimaan Konsumen dan Perilaku Penggunaan pada Shopeefood

Kusmono, Kevin Sadrakh (2022) Hambatan-hambatan yang Memengaruhi Penerimaan Konsumen dan Perilaku Penggunaan pada Shopeefood. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M-6862_Abstrak.pdf] PDF
M-6862_Abstrak.pdf

Download (159kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/266168

Abstract

Saat ini dunia tengah memasuki revolusi industri 4.0 yang sangat mendistrupsi kebiasaan yang ada. Industri 4.0 menanamkan teknologi cerdas yang dengan sengaja terhubung dengan berbagai bidang di kehidupan manusia yang mempengaruhi cara pemasaran dan penjualan dari setiap produk ataupun jasa yang mana transaksi dapat terjadi hanya dengan melakukan klik saja, seperti realisasi aplikasi pengiriman makanan. Hal tersebut membuat banyak masyarakat Indonesia beralih ke aplikasi pengiriman makanan melalui smartphone dibandingkan dengan datang langsung ke lokasi untuk melakukan transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan konsumen dan perilaku penggunaan pada Shopeefood. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah IRT (Innovation Resistance Theory). Jumlah responden dalam penelitian ini ssebanyak 314 responden dan data yang digunakan dianalisis menggunakan metode SEM (structural equation modelling) dan menggunakan software Amos 22.0. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tradition barrier dan image barrier (customer service) memiliki pengaruh negatif dalam meningkatkan niat untuk menggunakan Shopeefood. Variabel image barrier (customer experience) memiliki pengaruh negatif dalam meningkatkan WOM pengguna Shopeefood. Variabel usage barrier dan image barrier (customer experience) memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan niat untuk menggunakan Shopeefood. Variabel image barrier (customer experience) dan intention to use memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan WOM pengguna Shopeefood. Variabel value barrier dan risk barrier tidak memiliki pengaruh dalam meningkatkan niat untuk menggunakan Shopeefood. Variabel usage barrier, risk barrier dan tradition barrier tidak memiliki pengaruh dalam meningkatkan WOM pengguna Shopeefood.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: consumer barriers, food delivery application (FDA), innovation resistance theory (IRT), intention to
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: BAMBANG SEPTIAWAN
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:50
Last Modified: 13 Oct 2022 02:50
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42732

Actions (login required)

View Item View Item