Pengaruh Customer Satisfaction dan Positive Emotional Experience Terhadap E-wom pada Penginapan di Destinasi Wisata Bromo

Ayudya, Chofifah Puspaning (2022) Pengaruh Customer Satisfaction dan Positive Emotional Experience Terhadap E-wom pada Penginapan di Destinasi Wisata Bromo. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M-6871_Abstrak.pdf] PDF
M-6871_Abstrak.pdf

Download (41kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/266223

Abstract

Perkembangan era digital terus berjalan dan berkembang, membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah dan efisien dalam berbagai hal. Era digital saat ini mendukung setiap kehidupan untuk mengetahui informasi lebih cepat, membeli apapun yang diinginkan, pembayaran yang mudah dan hal lain berkaitan dengan dunia internet (qwords.com). Dalam jangka waktu beberapa tahun belakangan ini, diramaikan dengan munculnya berbagai macam situs jejaring sosial, termasuk perkembangan teknologi informasi yang sering disebut e- commerce. Selain itu, pesatnya perkembangan yang terjadi membuat informasi lebih luas dapatdiakses dan diketahui oleh khalayak yang luas. Secara konsep WOM telah didifinisikan ulang sebagai e- wom yang mencerminkan penilaian yang dinamis dan berkelanjutan yang dibuat oleh konsumen ataupun penjual sebelum ataupun sesudah penginapan wisata ataupun jasa dijualkan, dan tersedia di banyak tempat. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan SEM dengan alat bantu SPSS dan Amos serta teknik pengambilan sampel ini menggunakan non-probability sampling, dan menggunakan metode purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis yang diteliti adalah diterima. Customer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap e-wom. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa kepuasan yang dirasakan oleh konsumen pada penginapan di Bromo dapat memberikan informasi sebagai bentuk sebuah ulasan mengenai penginapan tersebut ke banyak orang secara luas. Positive emotional experience berpengaruh secara signifikan terhadap e-wom. Dari hasil ini dapat diketahui bahwa perasaan positif akan pengalaman menginap pada penginapan di Bromo dapat mempengaruhi seseorang pelanggan dalam membuat ulasan untuk orang banyak secara luas dalam mencari sumber informasi. Selain itu, perasaan negatif yang timbul akan pengalaman menginap juga mempengaruhi pelanggan untuk membuat ulasan di berbagai media mengenai penginapan tersebut. Positive emotional experience berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction. Dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa perasaan mengenai pengalaman menginap di penginapan Bromo positive dan membuat konsumen merasa puas.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: ( E-wom, Customer satisfaction, Emotional Experience)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: BAMBANG SEPTIAWAN
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:12
Last Modified: 14 Oct 2022 02:12
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42738

Actions (login required)

View Item View Item