Tanrian, Jimmy (2001) Analisis Kepuasan Konsumen Air Mineral Galon Merk Total Dalam Lingkup Layanan Logistik Guna Memperoleh Keunggulan Bersaing. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Persaingan berarti kemajuan, pertumbuhan, dan kualitas. Karena hanya pcrusahaan yang berkualitas, mempunyai visi yang maju, serta senantiasa mendorong pertumbuhannya saja yang akan selamat dalam persaingan. Salah satu wujud dari tiga hal diatas adalah strategi pemasaran dalam lingkup service logistic yang mengacu pada pelanggan (customer). Untuk merumuskan strategi pemasaran dalam lingkup service logistic perlu diketahui latar belakang pengguna, dan penjual produk air mineral galon merk TOTAL, serta pikiran yang ada dibenak mereka. Service Quality sebagai salah satu alat untuk mengetahui kualitas jasa dapat pula digunakan sebagai alat untuk merumuskan suatu strategi pemasaran dalam lingkup service logistic, karena didalamnya termuat harapan (ekspektasi), dan persepsi pengguna produk/jasa. Selain itu bila didukung dengan konsep keilmuan yang tepat, tentu akan mempertajam strategi tersebut. Hal tersebut yang melandasi digunakannya ilmu Logistic dalam tugas akhir ini sebagai penelusuran, pendefinisian, dan penyelesaian atas permasalahan yang terjadi_ Dimensi service logistic yang diteliti meliputi Quality (core, package, dan service), Cost, dan Delivery. Melalui analisis pengelompokan terhadap masing-masing kelompok responden (agen penjual dan pelanggan pemakai) berdasarkan variabel demografi, atau perilaku pemesanan, diperoleh segmen sub-kelompok agen penjual yang melakukan pemesanan terhadap air mineral galon merk TOTAL ketika dikunjungi tenaga penjual, dan yang memesan melalui telepon, serta segmen sub-kelompok pelanggan pemakai yang berdomisili di Surabaya Timur, Barat, Utara, Pusat, dan Selatan. Terhadap sub-kelompok - sub-kelompok tersebut, dilakukan analisis crosstab untuk mengetahui gambaran umum masing-masing sub-kelompok. Dilanjutkan dengan analisis manova terhadap masing-masing kelompok, untuk mcngetahui dimensi variabel service logistic yang membedakan masing-masing sub-kelompok. Pada kelompok agen penjual, dimensi pembeda hanya terdapat pada bagian persepsi untuk dimensi delivery, dan pada kelompok pelanggan pemakai, dimensi pembeda terdapat di bagian ekspektasi untuk dimensi product package quality, serta dimensi cost, sedangkan di bagian persepsi, dan tingkat kepuasan, dimensi pembeda adalah dimensi quality service, dan dimensi cost. Melalui analisis gap 5, diketahui bahwa pada agen penjual, dan pelanggan pemakai air mineral gal on merk TOTAL, ekspektasi siknifikan lebih tinggi daripada persepsi. Melalui analisis kuadran diketahui dimensi service logistic yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Pada kelompok agen penjual, dimensi yang perlu diperhatikan, adalah dimensi cost, quality service, dan delivery, dan pada kelompok pelanggan pemakai, dimensi yang perlu diperhatikan adalah dimensi core product quality, product package quality, cost, dan quality service. Hasil yang diperoleh dari analisis-analisis tersebut kemudian dianalisis secara lebih mendalam, untuk dijadikan sebagai dasar (acuan) dalam perumusan strategi, dan bauran pemasaran. Strategi pemasaran dirumuskan sebagai perbaikan terhadap dimensi Quality (core, package, dan service}, Cost, dan Delivery berdasarkan hasil analisis-analisis diatas, ditetapkan melalui segmentation, targeting, dan positioning. Implementasi strategi pemasaran tersebut diterjemahkan melalui bauran pemasaran melalui perumusan 4-P (Product, Price, Place,dan Promotion). Sedangkan untuk melengkapi basil penelitian, digunakan Porter's value chain model untuk mengidentifikasikan value of benefit yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan tingkat kepuasan agen penjual, dan pelanggan pemakai, sehingga P.T. TIRTAMAS MEGAH dapat memiliki keunggulan bersaing.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Users 152 not found. |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 07:14 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 07:14 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4278 |
Actions (login required)
View Item |