Strategic Orientation in E-commerce Firms

Gunawan, Gunawan (2007) Strategic Orientation in E-commerce Firms. In: 4th National Industrial Engineering Conference 2007, 29 November 2007, Fakultas Teknik, Universitas Surabaya.

[thumbnail of 42976 Gunawan 2007 NIEC full.pdf] PDF
42976 Gunawan 2007 NIEC full.pdf

Download (1MB)

Abstract

Akademisi dan praktisi telah berusaha untuk memahami bagaimana perusahaan e-commerce bisa berhasil. Strategy pelaku pertama (first-mover) yang terkenal semasa dotcom ternyata tidak berhasil. Tujuan dari makalah ini ialah untuk mempelajari strategi bisnis yang diterapkan oleh perusahaan e-commerce, khususnya Internet ritel, dan variasinya sehubungan dengan ukuran bisnis, lama online bisnis, dan format bisnis. Kerangka strategic orientation of business enterprise dipakai untuk menemukan sifat-sifat stratejik umum yang diterapkan oleh Internet ritel. Kerangka sampel sebesar 1417 Internet ritel di Inggris dikembangkan dari berbagai sumber. Survei yang didistribusikan lewat pos menghasilkan 252 tanggapan dari Internet ritel berukuran kecil dan menengah. Analisis faktor menampilkan empat dimensi orientasi strategi: aggressiveness, analysis, defensiveness, dan futurity. Selanjutnya hasil riset menunjukkan bahwa ukuran bisnis berkaitan dengan orientasi strategi yang diterapkan oleh Internet ritel. Akhirnya, makalah ini telah berperan untuk memperluas pemahaman tentang bisnis strategi di perusahaan e-commerce dan temuannya dapat menjadi wacana bagi Internet ritel di Indonesia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: e-commerce, Internet ritel, belanja online, strategi, orientasi stratejik
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Gunawan 6182
Date Deposited: 16 Dec 2022 02:38
Last Modified: 16 Dec 2022 07:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42976

Actions (login required)

View Item View Item