Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Kerja Distributor MLM X

Ie, Yen (2002) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Kerja Distributor MLM X. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148934

Abstract

Multi Level Marketing (MLM) merupakao salah satu bentuk sistem pemasaran yang menggunakan metode penjualan secara langsung kepada konsumen melalui jaringan yang dikembangkan oleh distributor. MLM "X" merupakan salah satu badan usaha yang menggunakan distributor sebagai saluran distribusi untuk memasarkan produknya yang dikhususkan pada produk kosmetik. Dalam melaksanakan pekerjaannya; menjual, membangun jaringan penjualan, distributor berusaha mencapai suatu prestasi kerja, namun tidak semua distributor berhasil. Prestasi kerja seorang distributor dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kepribadian. Salah satu bagian dari faktor kepribadian yang tidak kalah pentingnya adalah kecerdasan emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi kerja distributor MLM "X". Untuk mengungkap hal itu, peneliti menggunakan angket kecerdasan emosional dengan skala Likert yang disusun berdasarkan kelima aspek kecerdasan emosional dari Goleman (1996). Variabel prestasi kerja diungkap dengan data dokumentasi perusahaan. Sebagai informasi penunjang dibuat suatu daftar pelaksanaan kerja secara self-appraisals. Subyek dalam penelitian ini adalah distributor MLM "X'' Surabaya yang berjumlah 45 orang. Untuk pengujiannya digunakan teknik Korelasi Momen Tangkar Pearson dan Korelasi Parsial jenjang keempat sebagai analisis tambahan. Setelah diuji, maka diperoleh hasil sebagai berikut: ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi kerja ( r = 0,506; p < 0,01). Aspek mengelola emosi (r 2.y-1•3•4•5 = 0,315; p < 0,05) dan aspek memotivasi diri sendiri (r 1. y-1•2•4•5 = 0,327 ; p < 0,05) mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi kerja. Aspek mengenali emosi diri (r 1• y-2•3•4•5 = - 0,233 ; p < 0,15) dan aspek mengenali emosi orang lain (r 4• y-1•2,3,5 =- 0,276 ; p < 0,15) mempunyai hubungan yang cukup signifikan dengan prestasi kerja. Sedangkan aspek membina hubungan ( r 5• y-1•2•3•4 = 0,133 ; p > 0,30) mempunyai hubungan yang tidak signifikan dengan prestasi kerja. Dari hasil penelitian ini dapat diamati bahwa kecerdasan emosional mempunyai peran bagi distributor untuk mencapai keberhasilan melaksanakan pekerjaannya dan disisi lain kecerdasan emosional juga membantu distributor untuk mengatasi kegagalan dalam hal-hal tersebut. Berdasarkan penelitan ini disarankan agar distributor lebih memperhatikan keterampilan-keterampilan praktis yang terkait dengan kecerdasan emosi khususnya yang terkait dengan aspek mengelola emosi dan memotivasi diri sendiri. Disarankan pihak perusahaan memberikan training untuk mengembangkan kecakapan emosi. Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk memperbanyak subyek penelitian dan memperkaya pembahasan dengan melakukan observasi, wawancara lebih mendalam dan menggunakan data dokumentasi lebih terinci.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Dec 2013 07:32
Last Modified: 13 Dec 2013 07:32
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4308

Actions (login required)

View Item View Item