Marannu, Ing (2002) Pengaruh Harga Awal (Initial Price) Dan Persentase Diskon Terhadap Perilaku Pencarian Harga (Price Search Behaviour). [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Adanya variasi harga untuk produk yang sama di tiap toko menyebabkan konsumen merasa tidak pasti harga mana yang sepatutnya mereka bayar. Oleh karena itu, konsumen akan melakukan perbandingan harga sampai ia menemukan harga yang menurutnya pantas. Perilaku mencari dan membandingkan harga ini dikenal dengan perilaku pencarian harga Umumnya, konsumen mempertimbangkan harga awal dan persentase diskon untuk memutuskan perlu tidaknya melanjutkan pencarian harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga awal dan persentase diskon terhadap perilaku pencarian harga Dalam penelitian ini, teori yang digunakan untuk menjelaskan pengaruh harga awal dan persentase diskon terhadap perilaku pencarian harga adalah pendekatan heuristik-sistematik. Hipotesis penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh yang signifikan dari harga awal dan persentase diskon terhadap perilaku pencarian harga; ( 2) ada pengaruh yang signifikan dari harga awal terhadap perilaku pencarian harga; dan (3) ada pengaruh yang signifikan dari persentase diskon terhadap perilaku pencarian harga Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen 2x3 factorial design. Desain ini digunakan karena ada dua kategori dalam harga awal dan tiga kategori dalam persentase diskon. Sampel akan dihadapkan pada kondisi harga awal (Rp.1.000.000,- dan Rp. 3.000.000,-) dan persentase diskon (0%, 10%, dan 20% ). Sampel penelitian adalah perempuan dewasa muda yang berusia 20 sampai 25 tahun di Surabaya yang pernah membeli kompo dan menjadi pengambil keputusan pembelian kompo tersebut Jumlah sampel adalah 60 orang. Data perilaku pencarian harga diuji secara statistik dengan Analisis Varians Faktorial AB. Hasil analisis data menunjukkan tidak ada interaksi yang signifikan antara harga awal dan persentase diskon (F=0,093, sign.=0,911, p>0,05). Artinya, tidak ada pengaruh yang signifikan dari harga awal dan persentase diskon terhadap perilaku pencarian harga Namun, ada pengaruh yang signifikan dari harga awal terhadap perilaku pencarian harga (F=10,676, sign.= 0,001, p<0,05) dan ada pengaruh yang signifikan dari persentase diskon terhadap perilaku pencarian harga (F= 4,670, sign.=O,OlO, p<0,05). Persepsi subjek terhadap harga awal dan persentase diskon mendorong subjek untuk menghentikan atau meneruskan pencarian harga Kesimpulan yang dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah harga awal mempengaruhi perilaku pencarian harga Selain itu, persentase diskon juga mempengaruhi perilaku pencarian harga Keduanya turut mempengaruhi keputusan penilitian. Saran-saran untuk penelitian selanjutnya adalah mempertimbangkan simulator yang digunakan untuk mengukur perilaku pencarian harga, jarak antar toko, waktu untuk mencapai toko, jenis kelamin sampel penelitian, kebebasan sampel dalam memilih toko mana yang akan ia kunjungi (dalam simulasi), dan variasi kondisi persentase diskon yang ditawarkan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 13 Dec 2013 07:41 |
Last Modified: | 13 Dec 2013 07:41 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4319 |
Actions (login required)
View Item |