Perencanaan Strategi Kamar Operasi Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan dengan Dilengkapi Sistem Informasi dan Pendukung Keputusan

Maukar, Anastasia Lidya and Franciscus W., Robert (1997) Perencanaan Strategi Kamar Operasi Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan dengan Dilengkapi Sistem Informasi dan Pendukung Keputusan. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/233179

Abstract

Pada waktu ini rumah sakit sudah dianggap sebagai suatu organisasi yang semakin kompleks kemajemukan fungsi rumah sakit. besarnya masalah yang dihadapi sehari-hari, dan keterbatasan sumber daya Yang dilibatkan dalam melaksanakan kegiatan operasional mengharuskan organisasi dan manajemen rumah sakit diselenggarakan menurut metode yang tepat agar asas efisiensi dan efektifitas dapat tercapai optimal. H. Boedihartono (1990) membuktikan bahwa masalah-masalah kompleks yang timbul di rumah sakit adalah akibat dari manajemen yang kurang baik. Kelemahan ini disebabkan karena latar belakang pendidikan petugas di rumah sakit lcbih banyak dititik beratkan pada tcknis bukan segi manajemen. sehingga pengelolaannya lebih banyak dengan penalaran naluri serta pcngalaman pribadi Rumah Sakit Adi Husada (RSAH) dalam hal ini kamar operasinya. juga mengalami masalah di atas. Hal ini dapat terlihat pada besarnya defisit yang terjadi pada kamar operasi. Jika ditinjau dari sistem kamar operasi maka dapat dilihat bahwa selama ini penyampaian informasi secara tepat. tepat dan akurat masih dirasakan kurang sempurna sehingga pihak manajemen rumah sakit tidak dapat segera mengambil tindakan baik untuk perencanaan strategis kamar operasi maupun mengatasi masalah–masalah yang terjadi. Selain itu penJadwlan kamar operasi maslh bergantung pada satu orang yaitu kepala kamar operasi. Selain itu belum ada pencatatan secara sistematis tentang kebutuhan operasi seperti: alat material medis/obat-obatan, waktu operasi. waktu sterili sasi sehingga penjadwalan operasi. Mereka hanya mengahapalkan saja sehingga kadang-kadang terjadi kemungkinan kekurangan alat atau obat-obatan saat operasi. Masalah-masalah di atas mendorong perlu adanya penelitian lanjut yang hasilnya dapat digunakan membuat perancangan sistem informasi serta manajemen operasional dan strategi untuk kamar operasi. Penelitian yang dilakukan berdasarkan dua segi yaitu dari segi keuangan dan sistem operasional yang telah berjalan di kamar operasi RSAH serta persepsi dan ekpetasi konsumen kamar operasi RSAH. Perbaikan dan perancangan system informasi di kamar operasi RSAH amatlah penting. mengingat persaingan antar rumah sakit sangat ketat Selain itu pada masa mendatang akan banyak rumah sakit bermunculan di Surabaya. Jika perbaikan tidak dilakukan sekarang ini maka kemungkinan kerugian RSAH akan semakin membesar mengingat kamar operasi merupakan salah satu unit center rumah sakit yang dapat menghasilkan income demi kelangsungan hidup rumah sakit. Manajemen operasional dan strategik diperlukan untuk menghadapi pcrsaingan yang semakin ketat antar rumah sakit terutarna dengan munculnya rumah sakit-rumah asing. Sistem informasi manajemen yang di rancang dikembangkan lebih lanjut menjadi system Penunjang keputusan untuk perencanaan jadwal operasi agar operasi dapat terencana dengan baik tidak terjadi kekacauan Selanjutnya juga dilakukan penyebaran kuesioner persepsi pasicn tentang kamar operasi beserta fasilitasnya juga kuesioner penilainnya terhadap Rumah Sakit Adi Husada hal ini bertujuan untuk ncngetahui ekspektasi pasien operasi terhadap Rumah Sakit Adi Husada dan kepuasan pasien operasi terhadap Rumah Sakit Adi Husada. SeLain itu juga disebarkan kuesioner persepsi dan penilaian kepada dokter bedah yang pernah melakukan operasi di Rumah Sakit Adi Husada untuk mengetahui ekspektasi dokter dan penilaian dokter terhadap Rumah Sakit Adi Husada. Metode analisa yang digunakan adalah analisa deskriptif data variabel-variabel yang penting dalam rumah sakit dalam analisa faktor untuk mengelompokkan variabel-variabel tersebut ke dalam beberapa factor utama yang penting. Selanjutnya juga dilakukan analisis cluster untuk mengelompokan responden ke dalam beberapa grup dan setelah grup tersebut terbentuk. masing-masing grup dicari tingkat kepuasanya dan karakteristik dcmografinya. Juga dilakukan analisa dengan menggunakan pendekatan Boslon Consulting Group serta analisa service quality Dengan perancangan strategi kamar operasi RSAH tersebut maka diharapkan Kamar Operasi RSAH dapat bersaing dengan rumah sakit lain serta dapat mengurangi defisitnya secara bertahap.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 152 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2013 07:33
Last Modified: 17 Dec 2013 07:33
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4323

Actions (login required)

View Item View Item