Jerry, Sho and Ikwanto, Sulistiani (1997) Perbaikan Sistem Pelayanan di Kamar Obat RS Adi Husada Undaan Wetan Surabaya. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Dunia rumah sakit di Indonesia saat ini sedang memasuki era baru. Bila semula mereka hanya berkompetisi dengan semua rumah sakit lokal saja, maka dalam era globalisasi ini mereka juga harus berhadapan dengan rumah sakit yang dimodali oleh investor asing. Kamar Obat yang merupakan salah satu fasilitas penunjang medik Rumah Sakit dengan sendirinya juga akan menghadapi tantangan ini sehingga kamar Obat juga harus membenahi sistem pelayanannya agar dapat ikut berkompetisi pada era ini. Selain itu revolusi informasi telah mengakibatkan seolah-olah dunia menjadi semakin sempit dan semua orang menginginkan hal yang serba cepat (instant). Demikian pula dalam hal jasa pelayanan/servis. Kamar Obat yang menyediakan servis juga dituntut untuk lebih cepat dalam melayani konsumen-konsumennya, tetapi selain cepat kamar obat juga dituntut untuk dapat melayani konsumen tersebut dengan baik dan benar sehingga mereka merasa puas. Berdasarkan hal-hal tersebut maka dalam penelitian tugas akhir di kamar obat Rumah Sakit adi husada undaan wetan surabays ini dicoba dilakukan pendekatan-pendekatan untuk membenahi sistem pelaksanaan kamar Obat tersebut. Pendekatan pertama yang digunakan adalah pendekatan simulasi dengan menggunakan paket program Pro model pendekatan ini bertujuan untuk mendekatkan metobe usulan yang lebih baik mengenai cara kerja kamar obat dalam melayani konsumennya. Pendekatan kedua yang digunakan adalah pendekatan mengenai kamar obat berdasarkan pendapat dari konsumen dan pendapat dari pihak manajemen kamar Obat. Pendekatan ini bertujuan untuk menganalisis kesenjangan yang telah terjadi antara persepsi dengan ekspektasi konsumen dan kesenjangan-kesenjangan lain yang terjadi serta variabel-variabel penyebab terjadinya kesenjangan tersebut. Dari pendekatan simulasi didapatkan bahwa dengan adanya pembagian tugas yang jelas untuk karyawan-karyawan yang ada ternyata akan dapat meningkatkan output kamar obat tersebut dan dari pendekatan service quality didaapatkan bahwa kamar obat perlu memperbaiki sikap ataupun perilaku karyawann-karyawan dalam melayani konsumen.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Users 152 not found. |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 07:23 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 07:23 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4338 |
Actions (login required)
View Item |