Efektivitas Pelatihan Acceptace And Commitment Pada Regulasi Emosi Pendamping Panti Asuhan K Surabaya

Wibisono, Dian Erlina and Lutfiyah, Nur Ulfi and Seputro, William Hadi (2021) Efektivitas Pelatihan Acceptace And Commitment Pada Regulasi Emosi Pendamping Panti Asuhan K Surabaya. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6 (2). pp. 286-291. ISSN 2541-206X(Online); 2548-4311 (print)

[thumbnail of 4666-13011-2-PB.pdf] PDF
4666-13011-2-PB.pdf

Download (402kB)
Official URL / DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i2.286...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan kesulitan dalam meregulasi emosi melalui acceptance and commitment training (ACT). Pelatihan ini dilakukan pada pendamping anak yang ada di Panti Asuhan K di Surabaya. Materi disampaikan dalam 6 sesi dengan metode roleplay, tugas tertulis, permainan, lecturette, diskusi kelompok, dan audio visual. Desain penelitian adalah non-randomized one group pre-test post-test design. Lima belas orang pendamping anak dilibatkan untuk menjadi partisipan dalam pelatihan ini. Data dikumpulkan sebelum dan sesudah enam sesi pelatihan dengan menggunakan angket Difficulties In Emotion Regulation Scale (DERS) dan Comprehensive Assesment of Acceptance Commitment Therapy Processes (CompACT). Analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam kemampuan regulasi emosi sebelum dan sesudah pelatihan (p>0.05). Walau demikian, terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah pelatihan yang diberikan (p = 0.0001, p>0.05). Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa pelatihan ACT kurang efektif untuk menurunkan kesulitan dalam meregulasi emosi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kesulitan dalam meregulasi emosi, acceptance and commitment training, panti asuhan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Dian Erlina Wibisono
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:10
Last Modified: 20 Feb 2023 02:13
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/43384

Actions (login required)

View Item View Item