Purwanto, Cynthia Vivian and Yudiarso, Ananta (2021) Intervensi Berbasis Digital Efektif Meningkatkan Kemampuan Matematika pada Siswa: Studi Metaanalisis. PSIKOLOGIKA: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 26 (2). pp. 271-282. ISSN 1410 - 1289; E-ISSN: 2579 - 6518
PDF
Intervensi Berbasis Digital Efekif Meningkatkan Kemampuan Matematika pada Siswa Studi Metaanalisis.pdf Download (1MB) |
Abstract
Numerasi merupakan salah satu jenis kemampuan yang penting bagi individu. Namun,tidak semua siswa memiliki numerasi yang memadai, sehingga dibutuhkan sebuah modelintervensi yang dapat dengan efektif meningkatkan kemampuan matematika siswa. Adanyapenggunaan teknologi yang semakin marak digunakan dalam dunia pendidikan telah memberikanterobosan untuk melakukan intervensi berbasis digital dalam mempelajari pelajaran matematika.Penelitian ini bertujuan untuk tinjauan literatur yang mengukur efektivitas dari penggunaanintervensi berbasis digital untuk meningkatkan kemampuan matematika. Metaanalisisdilakukanpada 18 jurnal penelitian yang terbit dalam 10 tahun terakhir dengan 1,721 responden di kelompokeksperimen dan 1,219 responden di kelompok kontrol yang relevan dengan penelitan ini.Berdasarkan uji perbedaan mean (M, SD, dan n), ditemukan nilai dari effect size adalah sebesar g= .492 (95% CI = [.287, .706]; p < .001; I2 (inconsistency) = 84.43%). Hasil ini menunjukkan nilaieffect size yang diperoleh mirip dengan penelitian dari Benavides-Varela et al. (2020) yangmenemukan bahwa intervensi berbasis digital efektif untuk meningkatkan kemampuanmatematika pada siswa diskalkulia. Tingkat pendidikan sebagai moderator juga terbukti tidakmempengaruhi penggunaan media digital untuk meningkatkan kemampuan matematika yangdimiliki siswa (p = .359). Nilai effect size yang diperoleh apabila menggunakan tingkat pendidikansebagai moderator adalah g = .398 (95% CI = [-.483, .175]; p < .001; I2 (inconsistency) = 84.02%).Oleh karena itu, pendidik dapat menggunakan media digital sebagai salah satu alat yangmenunjang pembelajaran matematika siswa, baik di tingkat prasekolah hingga perguruan tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | intervensi berbasis digital, kemampuan matematika, metaanalisis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Psychology |
Depositing User: | Cynthia Vivian Purwanto |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 03:27 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 03:27 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/43432 |
Actions (login required)
View Item |