Efektivitas Pelatihan Psychological Capital untuk Mengurangi Teacher Burnout pada Guru SMK(The Effectiveness of Psychological Capital Training to Reduce Teacher Burnout for Vocational School Teachers)

Utami, Yasmin Adlina Heraputri and Azizah, Qonita Hasnaul and Christian, Frikson (2022) Efektivitas Pelatihan Psychological Capital untuk Mengurangi Teacher Burnout pada Guru SMK(The Effectiveness of Psychological Capital Training to Reduce Teacher Burnout for Vocational School Teachers). Jurnal Ilmiah Psikologi Mind Set, 13 (1). pp. 59-78. ISSN 2685-3620 (online); 2086-1966 (Printed)

[thumbnail of 2959-Article Text-13007-1-10-20220623.pdf] PDF
2959-Article Text-13007-1-10-20220623.pdf

Download (501kB)
Official URL / DOI: https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/mind...

Abstract

Di masa pandemi COVID-19, guru mendapatkan banyak pekerjaan baru untuk beradaptasi dan mempersiapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi para siswa. Kondisi tersebut sangat berisiko terhadap kondisi fisik dan mental guru. Pada penelitian ini, ditemukan sejumlah guru pada SMK X di Surabaya mengalami teacher burnout. Burnout sendiri sangat sering dialami oleh individu yang bekerja dibidang pelayanan, termasuk guru. Sebanyak 14 guru SMK yang menunjukkan tingkat teacher burnout dengan kategori sedang hingga sangat tinggi diberikan pelatihan psychological capital sebagai upaya mengurangi teacher burnout. Para guru dilatih untuk mengembangkan dan mengaplikasikan keempat aspek dari psychological capital yaitu hope, efficacy, resilience, dan optimism (HERO) yang terangkum dalam 6 sesi pelatihan. Hasil pelatihan menunjukkan korelasi negatif antara psychological capital dengan teacher burnout (r=-0.958**), terdapat perbedaan pada hasil teacher burnout (p=0.001), namun tidak ada perbedaan pada hasil psychological capital (p=0.417). Berdasarkan hasil pelatihan dapat disimpulkan bahwa, meskipun individu telah memiliki tingkat psychological capital yang tergolong baik, namun masih tetap perlu dilatih agar dapat mengembangkan dan mengaplikasikannya untuk mengatasi teacher burnout.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelatihan; Psychological Capital; Teacher Burnout
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: YASMIN ADLINA HERAPUTRI UTAMI
Date Deposited: 21 Feb 2023 03:34
Last Modified: 04 Oct 2023 05:07
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/43433

Actions (login required)

View Item View Item