Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Stres Kerja Pada Operator Telepon Premium Call

Abrori, Ainul (2002) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Stres Kerja Pada Operator Telepon Premium Call. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148851

Abstract

Bisnis premium call yang sedang marak pada saat ini dipandang oleh sebagian orang sebagai bentuk peluang usaha. Perusahaan yang bergerak di bidang premium call tergantung pada eksistensi operator. Banyak tidaknya pengguna layanan premium call tergantung pada kemampuan operator untuk melayani penelpon. Salah satu hal yang kiranya perlu diperhatikan pihak manajemen perusahaan yang bergerak di bidang premium call adalah stres pada operator telepon. Melayani dengan baik penelpon yang memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda sudah menjadi tuntutan pekerjaan bagi seorang operator telepon premium call. Hal ini seringkali tanpa disadari menjadi sumber stres, karena seorang operator dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan berbagai sifat penelpon. Untuk bisa mengatasi stres yang dialami operator dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak yang terlibat dengan proses kerja, baik atasan maupun teman kerja. Dukungan sosial yang dimaksud adalah dukungan emosional, dukungan informatif, dukungan instumental dan dukungan penilaian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara dukungan sosial dengan stres kerja pada operator telepon premium call. Pengambilan data menggunakan total population study dengan subyek sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket tertutup dan angket terbuka, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah Korelasi Moment Tangkar Pearson. Dari hasil perhitungan dengan Analisis Korelasi Moment Tangkar Pearson diperoleh hasil bahwa ada hubungan negatif atau bersifat terbalik antara dukungan sosial dengan stres kerja pada operator telepon premium call (r = -0,868;p<0,05). Hal ini berarti semakin tinggi dukungan sosial maka semakin ringan beban stres yang pada operator. Sehubungan dengan hal tersebut maka perusahaan perlu memperhatikan hubungan antara atasan dengan bawahan ataupun antar bawahan jangan sampai terjadi konflik yang dapat menyebabkan berkurangnya dukungan sosial.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 09 Jan 2014 03:50
Last Modified: 09 Jan 2014 03:50
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4344

Actions (login required)

View Item View Item