Perencanaan Strategi Pemasaran untuk Peluncuran Produk Baru di Pasar Regional pada Perusahaan Sepatu PT TAP

Effendi, Effendi and Judianto, Christian (1997) Perencanaan Strategi Pemasaran untuk Peluncuran Produk Baru di Pasar Regional pada Perusahaan Sepatu PT TAP. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/233188

Abstract

Seiring dengan perkembangan perindustrian di Indonesia, industri sepatu mengalami kemajuan yang cukup pesat. Hal ini ditandai dengan banyak berdirinya pabrik-pabrik yang memproduksi berbagai macam jenis sepatu atau sandal. Berdirinya pabrik ini juga diikuti usaha-usaha kecil yang bersifat home industri yang memproduksi sepatu berdasarkan order yang diterima ataupun memproduksi sepatu untuk dipasarkan pada skala yang tidak besar. Dengan semakin terbukanya pasar perdaganggan di dunia, terjadi pula hubungan antara produsen sepatu dari luar negeri dengan produsen sepatu di dalam negeri. Karena dirasakan bahwa para produsen sepatu di Indonesia telah mampu memproduksi sepatu dengan kualitas yang baik disamping dengan tenaga kerja yang rendah dan tersedianya bahan baku, maka terjadilah kerjasama antara produsen luar negeri dengan produsen di dalam negeri. Produsen luar negeri mengadakan kontak kepada produsen dalam negeri untuk memproduksi sepatu yang diinginkan kemudian dikirim ke negara produsen peminta untuk kemudian dipasarkan di negaranya. Keadaan ini sangat menguntungkan kedua belah pihak dan terus berlangsung. Bahkan untuk sepatu olahraga produsen luar negri telah banyak memberi lisensi kepada produsen dalam negeri untuk membuat produknya di Indonesia. Sehubungan dengan perubahan ekonomi global, yaitu dengan bangkitnya negara berkembang membuat persaingan didalam menerima order dari luar negeri menjadi lebih sulit. Hal ini dikarenakan di beberapa negara berkembang selain dapat memproduksi sepatu dengan kualitas yang diinginkan juga diimbangi dengan biaya tenaga kerja yang rendah bahkan lebih rendah di Indonesia. Banyak produsen dari luar negeri mulai memalingkan matanya kepada negara-negara tersebut, sehingga permintaan order dari luar negeri semakin menurun, terutama pada permintaan akan sepatu kulit. Salah satu jalan untuk menghindari penurunan order itu dan untuk tetap menjamin kelangsungan hidup perusahaan adalah memusatkan perhatian pada pasar di dalam negeri yang masih begitu besar ditambah belum banyaknya produsen sepatu lokal yang meluncurkan produk sepatu kasual kulit dipasar. Produk sepatu kasual kulit yang ada di pasar lebih didominasi oleh sepatu-sepatu kasual kulit buatan dari produsen keci1 ataupun home industri - home industri yang kekuatannya pada produk, promosi serta brand yang kurang kuat, sehingga terlihat peluang dipasar lokal begitu besar. Kunci suksesnya pemasaran dari suatu produk, apalagi suatu produk yang baru dipasar, amat bergantung pada suatu strategi pemasaran yang tepat. Dimana melalui strategi pemasaran yang tepat kita dapat mengatasi berbagai kondisi dipasar, menentukan segmen yang akan dimasuki, mengetahui dengan siapa kita bersaing, menemukan cara untuk memenangkan persaingan dengan memberikan keungulan-keunggulan pada produk yang akan diluncurkan. Perencanaan strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan didasarkan pada suatu penelitian pasar (marketing research). Dimana melalui penelitian pasar ini didapat data-data atau masukan-masukan tentang kondisi pasar yang kemudian diolah baik secara matematis maupun intuitif menjadi suatu kebijakan strategi pemasaran yang dapat dijadikan suatu peganggan untuk lebih menjamin suksesnya pemasaran produk baru.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 152 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2014 02:25
Last Modified: 06 Jan 2014 02:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4346

Actions (login required)

View Item View Item