Perlindungan Hukum atas Kepemilikan Non-fungible Token dalam Perspektif Perlindungan Konsumen dan Data Pribadi di Indonesia

Ho, Hengky (2023) Perlindungan Hukum atas Kepemilikan Non-fungible Token dalam Perspektif Perlindungan Konsumen dan Data Pribadi di Indonesia. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MH_343_Abstrak.pdf] PDF
MH_343_Abstrak.pdf

Download (186kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/266709

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi ditandai dengan munculnya tren transaksi digital asset Non-Fungible Token (NFT). NFT merupakan bentuk digital asset dengan sertifikat kode unik yang tersimpan dalam teknologi blockchain. Pembuatan NFT dilakukan dengan minting pada smart contract. Smart contract merupakan teknologi blockchain berupa kode pemrograman komputer untuk menjalankan fungsi contract dengan eksekusi transaksi secara otomatis tanpa melibatkan pihak ketiga dalam sistem blockchain yang bersifat immutable. Transaksi NFT dengan smart contract memberikan perlindungan kepada para pihak dengan menjamin keamanan transaksi dan menjamin keaslian atas kepemilikan karya NFT oleh para pihak. Munculnya isu perlindungan konsumen berupa penipuan dalam transaksi NFT dan kasus penyalahgunaan data pribadi sebagai obyek transaksi NFT menyebabkan pentingnya perlindungan hukum kepada para pihak dalam transaksi NFT di Indonesia, khususnya perlindungan konsumen dan perlindungan data pribadi agar menjamin terciptanya kepastian hukum dalam transaksi NFT.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: NFT, smart contract, perlindungan konsumen, perlindungan data pribadi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Law
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 20 Mar 2023 09:32
Last Modified: 20 Mar 2023 09:32
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/43605

Actions (login required)

View Item View Item