Pengaruh Cooperative Learning Terhadap Relasi Antarkelompok pada Setting Pendidikan: Meta-analisis Studi Eksperimen Lapangan

Tondok, Marselius Sampe and Suryanto, Suryanto and Ardi, Rahkman (2023) Pengaruh Cooperative Learning Terhadap Relasi Antarkelompok pada Setting Pendidikan: Meta-analisis Studi Eksperimen Lapangan. In: Prosiding Seminar dan Temu Ilmiah Nasional Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya "Peran Psikologi dałam Mengenali, Mencegah, dan Menangani Kekerasan Seksual di Berbagai Tahap Perkembangan Manusia", 22 June 2022, Surabaya.

[thumbnail of Proceeding Konferensi Nasional_Marselius 2023.pdf] PDF
Proceeding Konferensi Nasional_Marselius 2023.pdf

Download (538kB)
Official URL / DOI: https://fpsi.hangtuah.ac.id/pengaruh-cooperative-l...

Abstract

Cooperative learning merupakan salah satu strategi intervensi untuk mereduksi prasangka dan mempromosikan relasi antarkelompok berbasis pendekatan teori kontak antarkelompok. Untuk mengetahui efektivitas intervensi cooperative learning terhadap relasi antarkelompok pada setting nyata dunia pendidikan maka perlu dilakukan meta-analisis terhadap intervensi dengan desain eksperimen lapangan. Pencarian artikel mengikuti panduan PRISMA berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi pada database Science Direct, Scopus, Springer Link. Data dianalisis menggunakan meta-analisis dengan forest plot, uji heterogenitas, kalkulasi efek size, perhitungan summary effect, dan identifikasi publikasi bias. Intervensi pada 7 studi dengan 2.767 partisipan menunjukkan bahwa program intervensi collaborative learning memiliki pengaruh positif terhadap intergroup relation dengan ukuran efek sedang (d = 0,407; 95%CL [0,163; 0,652]). Hasil analisis subgroup menunjukkan bahwa intervensi cooperative learning lebih efektif pada mahasiswa dibandingkan siswa. Temuan penelitian ini didiskusikan lebih lanjut terkait dengan implikasi teoritis dan praktis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Cooperative learning, eksperimen lapangan, meta-analisis, relasi antarkelompok, setting pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Marcelius Sampe Tondok 207017 - 5160
Date Deposited: 27 Mar 2023 04:16
Last Modified: 27 Mar 2023 04:16
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/43643

Actions (login required)

View Item View Item