Perancangan Penilaian Kinerja dan Reward System untuk Meningkatkan Kinerja pada Waiter Waitress Restaurant ...

Harjono, Cindy Florencia (2023) Perancangan Penilaian Kinerja dan Reward System untuk Meningkatkan Kinerja pada Waiter Waitress Restaurant ... [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK-5121_Abstrak.pdf] PDF
AK-5121_Abstrak.pdf

Download (72kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/266758

Abstract

Industri makanan dan minuman masih relevan dalam kontribusinya terhadap produk domestik bruto Indonesia. Tidak hanya stabil dan gigih, ia hadir dalam berbagai bentuk, dan dengan westernisasi yang terjadi, hadir dengan inovasi dan inspirasi yang lebih luas. Dalam kasus industri ini, jenis bisnis yang paling mendominasi adalah restoran atau tempat makan. Meskipun jumlah restorannya banyak, jumlah restoran yang tutup juga tidak sedikit. Hal ini disebabkan oleh manajemen yang buruk atau perlakuan buruk terhadap karyawan tingkat bawah. Peran karyawan tingkat bawah tampak begitu sepele, tetapi mereka memegang peran utama dalam membesarkan bisnis restoran, yang sangat bergantung pada keramahtamahan, karena mereka adalah front liner yang paling banyak berinteraksi dengan pelanggan, kontributor pendapatan bisnis. Pelayan dan pramusaji sebagian besar memiliki persentase tingkat perputaran yang besar, karena motif mereka bekerja di sebuah badan usaha terutama untuk mendapatkan gaji atau pengalaman. Jika mereka tidak merasa nyaman bekerja di suatu tempat, mereka mungkin tidak akan bertahan lama. Masalahnya adalah, ketika seorang karyawan sudah berpengalaman dalam pekerjaannya tetapi berhenti karena lingkungan kerja yang buruk, maka restoran harus mencari pengganti yang sama berpengalamannya dengan mantan karyawan tersebut agar kinerja restoran tidak menurun. Hal ini tentu membutuhkan lebih banyak waktu dan uang, karena mempekerjakan dan melatih karyawan baru bukanlah tugas yang mudah. Untuk mencegah hal ini, manajemen harus membuat sistem yang dapat menarik orang-orang potensial yang memiliki keterampilan, pengalaman, atau mempertahankan mereka yang sudah ada di entitas bisnis untuk terus bertahan. Sistem kontrol manajemen dapat membantu dengan membuat sistem insentif yang juga memiliki indikator kinerja utama yang menentukan karyawan mana yang memberikan lebih banyak kepada restoran.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Sistem pengendalian manajemen, restaurant, sistem insentif, indikator kinerja
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: BAMBANG SEPTIAWAN
Date Deposited: 03 Apr 2023 04:26
Last Modified: 03 Apr 2023 04:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/43719

Actions (login required)

View Item View Item