Sikap Terhadap Komik (Jepang, Amerika, Indonesia) Analisis Segmentasi Pasar Pembaca Komik

Siswojo, Magdalena (2000) Sikap Terhadap Komik (Jepang, Amerika, Indonesia) Analisis Segmentasi Pasar Pembaca Komik. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148962

Abstract

Komik merupakan bacaan yang banyak disukai masyarakat. Di pasaran Indonesia beredar berbagai jenis komik baik itu komik impor maupun komik lokal. Dalam perkembangannya ternyata komik impor lebih unggul dibanding komik lokal. Komik impor semacam komik Jepang dan Amerika lebih banyak diminati. dibandingkan komik Indonesia. Situasi ini menarik perhatian penulis untuk melakukan riset terhadap segmentasi pasar pembaca komik di kalangan mahasiswa. Populasi mahasiswa dipilih dengan pertimbangan bahwa mahasiswa telah mampu memberikan penilaian terhadap aspek-aspek yang ada pada suatu karya komik. Penulis menggunakan segmentasi psikografis berdasarkan gaya hidup untuk melihat segmen pada populasi mahasiswa Universitas Surabaya. Penggunaan segmentasi. secara psikografis didasari alasan bahwa pada perkembangan marketing dewasa ini segmentasi secara demografis maupun geografis tidaklah mencukupi lagi. Populasi penelitian berjumlah 100 orang yang diambil dari 5 fakultas yang ada di Universitas Surabaya kampus Tenggilis secara proporsional. Setelah dilakukan penghitungan maka ditemukan hasil : - Berdasarkan perhitungan ana1isis faktor ditemukan 6 gaya hidup. (lihat tabel 4.6 hal. 60) - Berdasarkan perhitungan Product moment dapat dibaca bahwa komik Jepang memiliki diferensiasi dibanding komik Amerika dan Indonesia (lihat tabel 4.81 hal.104). Berdasarkan perhitungan T-Test dapat dilihat bahwa komik Jepang disikapi secara positif pada semua aspek. Sedangkan komik Amerika memiliki mean sikap tertinggi pada aspek teknik gambar. Komik Indonesia memiliki mean sikap terendah pada semua aspek (lihat tabel4.83 hal.105). -Berdasarkan tabel deskriptif ditemukan data bahwa responden mengetahui 73 komik Jepang, dari jumlah itu 69 pernah dibaca dan 29 di antaranya disukai. Pada komik Amerika 27 judul diketahui, dari jumlah itu 25 pernah dibaca dan 17 di antaranya disukai. Sedangkan pada komik Indonesia 26 judul pernah diketahui, dari jumlah itu 19 pernah dibaca dan 16 di antaranya disukai (lihat tabel 5.1 haL 116). Kesimpulan yang ditarik dari penelitian ini adalah bahwa situasi pasar komik saat ini telah begitu kompleks sehingga need and wants konsumen pun beragam. Komik Jepang yang memiliki variabilitas judul banyak lebih mampu memenuhi keberagaman need and wants konsumen tersebut. Komik Amerika memiliki keunggulan pada teknik gambar berwarna yang memadukan skill dan teknologi. Sedangkan komik Indonesia kurang diminati karena tidak menawarkan suatu value yang bisa menjadi diferensiasi dibanding komik Jepang dan Amerika.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Dec 2013 08:47
Last Modified: 13 Dec 2013 08:47
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4380

Actions (login required)

View Item View Item