Kecemasan Matematika Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Berkurikulum Internasional Pada Masa Pandemi Covid-19

Liestyawati, Prima and Kartika, Aniva (2021) Kecemasan Matematika Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Berkurikulum Internasional Pada Masa Pandemi Covid-19. In: Konferensi Nasional Psikologi Kesehatan IV tahun 2021, 30-31 Oktober 2021, Daring, Universitas YARSI. (Unpublished)

[thumbnail of Conference Paper] PDF (Conference Paper)
Conf_Konaspsikes_KecemasanMath Siswa 6 SD Internasional.pdf - Accepted Version

Download (14MB)
Official URL / DOI: https://konaspsikes.akademisi.co.id/Buku%20Kumpula...

Abstract

Kecemasan belajar Matematika pada saat pandemi Covid-19 merupakan salah satu problem yang dialami oleh siswa-siswa Sekolah Dasar akhir. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kecemasan Matematika yang dialami siswa kelas 6 pada salah satu Sekolah Dasar yang menggunakan kurikulum internasional serta faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan mereka. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus terhadap lima siswa kelas 6 di sekolah tersebut. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur dan observasi terhadap pembelajaran Matematika di kelas daring. Teknik analisis data menggunakan teknik naratif yang berfokus pada ide atau cerita yang dikomunikasikan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa siswa mengalami gejala-gejala kecemasan seperti rasa berdebar-debar, pusing dan gangguan tidur. Siswa juga menunjukkan kecemasan terhadap tugas-tugas word problem ujian tengah dan akhir semester serta ujian internasional yang diadakan pada akhir tahun ajaran. Faktor-faktor penyebab yang muncul adalah kecenderungan perfeksionisme, kurangnya pemahaman awal siswa, harapan orang tua siswa yang tinggi terhadap nilai Matematika dan terbatasnya waktu penjelasan guru saat pembelajaran daring. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring selain berdampak positif bagi siswa ditinjau dari penguasaan di bidang teknologi, namun juga menyebabkan dampak negatif dengan munculnya kecemasan pada siswa terutama pelajaran Matematika. Implikasi temuan ini adalah kecemasan Matematika pada masa pandemi Covid-19 harus ditangani dengan baik sehingga konsekuensi kecemasan lebih lanjut seperti menghindari Matematika, distress, dan gangguan proses memori dan pemikiran konseptual dapat dihindari.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: kecemasan Matematika, pandemi Covid-19, pembelajaran daring, sekolah internasional, siswa Sekolah Dasar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Aniva Kartika 197026
Date Deposited: 10 Apr 2023 06:35
Last Modified: 10 Apr 2023 06:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/43909

Actions (login required)

View Item View Item