Mujib, Farkhatul Aisy (2023) Perancangan Strategi Pemasaran pada Usaha Pembuatan Mebel UD. Jaya Nata Abadi Benjeng, Gresik. [Undergraduate thesis]
![]() |
PDF
TM_4583_Abstrak.pdf Download (38kB) |
Abstract
Sejak tahun 2000, usaha UD. Jaya Nata Abadi berdiri dan bergerak di bidang manufaktur pembuatan mebel atau furniture untuk lima kategori sektor rumah tangga, instansi atau sekolah, mebel interior HPL, backdrop atau partisi, dan mebel custom lainnya yang tidak masuk ke dalam kategori-kategori sebelumnya. Semakin berjalannya waktu, UD. Jaya Nata Abadi menemukan kesulitan untuk beradaptasi dengan penggunaan dunia digital di sisi lain perusahaan juga belum pernah menyusun strategi khusus untuk menghadapai kemajuan teknologi. Hal tersebut dinilai perusahaan sebagai masalah yang harus diselesaikan mengingat peluang adanya pesaing terjun ke usaha yang sama sangat terbuka. Oleh karena itu, diperlukan analisis terhadap strategi pemasaran yang dimiliki oleh perusahaan untuk selanjutnya dapat mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk digunakan beradaptasi dengan pemasaran secara digital. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis SWOT, bauran pemasaran 4P, dan merancang strategi yang tepat untuk perusahaan. Data yang dikumpulkan pertama-tama dengan melakukan wawancara bersama pemilik perusahaan, survey awal kepada beberapa pelanggan, menyebarkan kuesioner kepada pelanggan terkait dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), STPD (Segmentation, Targeting, Positioning, Differentiation), bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion), Importance Performance Analysis terkait 4P, dan kuesioner terkait dengan kepentingan perancangan pemasaran digital perusahaan. Kuesioner dibagikan kepada sebanyak 16 pelanggan dengan sebanyak sembilan laki-laki dan tujuh perempuan. Didapatkan rata-rata kepentingan oleh pelanggan terhadap bauran pemasaran 4P yaitu sebesar 3.31 dan rata-rata kepuasan pelanggan terhadap bauran pemasaran 4P yaitu sebesar 3.12. Terbentuk 10 usulan perbaikan dari gabungan strategi antara analisis SWOT, bauran pemasaran 4P, dan pemasaran digital. Usulan yang diberikan di antaranya adalah mencakup penawaran produk berupa produk jadi atau yang sedang menjadi tren seperti model minimalis, klasik, industrial, melakukan pengembangan pasar pada sektor bisnis, penawaran harga berupa potongan harga saat momen tertentu seperti momen akhir/awal tahun, penyematan lokasi pada Google Maps dan pemberian penanda lokasi berupa banner, melakukan promosi melalui WhatsApp dan Instagram dengan berbagai konten seperti pengenalan produk, pemberian deskripsi yang menarik dan memanfaatkan Pinterest, Canva, serta Google Drive, pembuatan citra perusahaan dengan membuat logo, slogan, dan pemilihan warna yang khas. Terakhir adalah dengan menyediakan konten berisi testimoni pelanggan sehingga mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SWOT, strategi pemasaran, pengembangan pasar, media sosial |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Users 147 not found. |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 07:53 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 07:53 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/43933 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |