Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Perilaku Pengguna M-commerce Shopee di Indonesia

Kusumo, Gilbert Verrel (2023) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Perilaku Pengguna M-commerce Shopee di Indonesia. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_6903_Abstrak.pdf] PDF
M_6903_Abstrak.pdf

Download (85kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/267036

Abstract

Lingkungan bisnis mengalami perubahan karena adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat. Perubahan pada lingkungan bisnis mendorong munculnya tren bisnis yang disebut e-commerce. Mayoritas pengguna e-commerce melakukan transaksi melalui aplikasi di perangkat mobilenya (m-commerce). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pemicu niat konsumen untuk menggunakan m-commerce Shopee di Indonesia. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) yang diperluas dengan menggunakan 8 variabel yang terdiri dari performance expectancy, social influence, facilitating condition, hedonic motivation, habit, perceived trust, perceived security, dan behavioral intention. Pendekatan kuantitatif digunakan pada penelitian ini dengan mengumpulkan data melalui survei secara online, didapat sebanyak 250 data responden yang sesuai kriteria. Data dianalisis menggunakan metode SEM (Structural Equation Model) dan menggunakan software AMOS Graphic 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa performance expectancy, facilitating condition, hedonic motivation, habit, perceived trust berpengaruh positif signifikan terhadap behavioral intention pengguna Shopee di Indonesia. Habit ditemukan menjadi variabel yang paling signifikan sebagai penentu terhadap niat perilaku pengguna m-commerce Shopee Indonesia. Pengaruh social influence terhadap behavioral intention ditemukan berpengaruh negatif signifikan dan variabel perceived security tidak signifikan terhadap behavioral intention

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Unified Theory of Acceptance and Use of Technology, UTAUT 2, m-commerce, niat perilaku, structural e
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 12 Apr 2023 05:57
Last Modified: 12 Apr 2023 05:57
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/43990

Actions (login required)

View Item View Item