Faktor-faktor yang Memengaruhi Online Purchase Intention pada Pengguna Shopee di Indonesia

Nagatan, Nicholas Adrian (2022) Faktor-faktor yang Memengaruhi Online Purchase Intention pada Pengguna Shopee di Indonesia. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_6904_Abstrak.pdf] PDF
M_6904_Abstrak.pdf

Download (116kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/267044

Abstract

Pada era revolusi industry 4.0 ini, teknologi terus berkembang pesat. Salah satu perkembangan teknologi ini adalah adanya e-commerce, dimana masyarakat bisa membeli produk yang mereka perlukan atau inginkan secara online melalui aplikasi di HP mereka, salah satu aplikasi e-commerce yang ada di Indonesia adalah Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi online purchase intention seseorang pada Shopee Indonesia. Model penelitian ini diuji secara empiris dengan menggunakan kuesioner online yang telah terkumpul sebanyak 401 responden. Data dianalisis dengan teknik Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel perceived usefulness of online review dan trust merupakan faktor terpenting dan berpengaruh positif terhadap niat membeli secara online di Shopee Indonesia. Satu variabel lain, yaitu perceived risk memiliki pengaruh negatif yang signifikan pada niat membeli secara online di Shopee Indonesia.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Niat membeli online, e-commerce.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:20
Last Modified: 13 Apr 2023 03:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/43998

Actions (login required)

View Item View Item