Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Konsumen Indonesia Membeli Produk Pakaian Pada Aplikasi E-commerce Indonesia Menggunakan Model UTAUT-2

Khosasih, Mikhael Ming (2023) Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Konsumen Indonesia Membeli Produk Pakaian Pada Aplikasi E-commerce Indonesia Menggunakan Model UTAUT-2. Teknika: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 12 (1). pp. 83-89. ISSN 2549-8037, EISSN 2549-8045

[thumbnail of Mikhael Ming Kosasih_Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Konsumen Indonesia.pdf] PDF
Mikhael Ming Kosasih_Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Konsumen Indonesia.pdf

Download (547kB)
Official URL / DOI: https://doi.org/10.34148/teknika.v12i1.593

Abstract

Penjualan produk fesyen pada e-commerce di Indonesia mengalami perkembangan pesat saat ini. Salah satu model yang banyak digunakan untuk penerimaan masyarakat adalah model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology(UTAUT). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi masyarakat Indonesia ketika membeli produk fesyen pada e-commerce dengan menggunakan analisis model UTAUT-2. Penelitian ini mampu untuk membantu penjual produk fesyen untuk lebih memahami konsumen e-commercedi Indonesia. Penelitian kuantitatif yang menyebarkan kuesioner melalui daring dan mendapatkan 302 responden. Structural Equation Model-Partial Least Square digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan hasil hipotesis. Uji yang dilakukan menggunakan 2 tahap yaitu measurement model dan structural model. Hasil penelitian menunjukan bahwa harapan kinerja, pengaruh sosial, harga, dan kebiasaan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian seseorang. Sedangkan harapan usaha, kondisi fasilitas, dan motivasi hedon tidak memiki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk fesyen pada aplikasi e-commerce. Kebiasaan menjadi bagian yang paling penting dalam memengaruhi konsumen Indonesia untuk membeli produk fesyen pada aplikasi e-commerce di Indonesia. Pengaruh sosial merupakan faktor kedua yang memengaruhi keputusan pembelian diikuti dengan harga dan harapan kinerja.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Technology Acceptance, UTAUT-2, E-commerce
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Multimedia
Depositing User: MIKHAEL MING KHOSASIH
Date Deposited: 14 Apr 2023 04:47
Last Modified: 25 Apr 2023 14:16
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44002

Actions (login required)

View Item View Item