Rancangan Inovasi Produk dan Penguatan Pemasaran untuk Pusat Olahan Salak Wedi Bunda Arum Bojonegoro dengan Menggunakan Metode Design Thinking

Novembia, Dia Atha (2023) Rancangan Inovasi Produk dan Penguatan Pemasaran untuk Pusat Olahan Salak Wedi Bunda Arum Bojonegoro dengan Menggunakan Metode Design Thinking. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_6920_Abstrak.pdf] PDF
M_6920_Abstrak.pdf

Download (51kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/267107

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk merancang inovasi produk dan penguatan pemasaran dengan metode design thinking sebagai pengembangan bisnis yang dilakukan oleh usaha Pusat Olahan Salak Wedi Bunda Arum di Desa Wedi, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. Perencanaan ini bertujuan agar Pusat Olahan Salak Wedi Bunda Arum dapat berkembang dan bertahan. Rancangan ini menggunakan metode design thinking untuk memberikan solusi dengan berbasis hasil rancangan inovasi kepada pemilik usaha. Penulis menguraikan setiap tahapan design thinking yang terdiri dari 5 (lima) tahap, yaitu: empati (empathize), mendefinisikan (define), idea (ideate), prototype, dan ujicoba (Test). Penulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis-deskriptif. Penulisan ini didukung dengan sumber data primer yang diperoleh melalui chatting whatsapp, wawancara semi-struktur via handphone maupun secara langsung, dan observasi langsung ke tempat usaha Pusat Olahan Salak Wedi Bunda Arum di Kota Bojonegoro. Data sekunder diperoleh melalui berita-berita di internet dan literatur-literatur terkait. Teknik analisis data untuk melakukan design thinking adalah menggunakan wawancara semi-struktur kepada 7 orang pengguna produk olahan salak wedi dan menggunakan kuisioner untuk dapat memberikan feedback terhadap ide-ide yang sudah dihasilkan agar dapat dilakukan perbaikan untuk kedepannya. Hasil rancangan dalam penulisan ini adalah membuat jenis dan variasi produk olahan salak wedi baru yang dapat dijadikan referensi dalam membuat produk olahan salak wedi, dan kegiatan untuk penguatan pemasaran seperti melakukan kegiatan digital marketing, membangun jaringan bisnis, dan membuat design kemasan produk olahan salak wedi baru.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Inovasi Produk, Penguatan Pemasaran, Design Thinking, UMKM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 19 Apr 2023 06:26
Last Modified: 19 Apr 2023 06:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44034

Actions (login required)

View Item View Item