Pengaruh Brand Attachment, Hedonic Motivation, Brand Experience dan Self-Image Congruence Terhadap Purchase Intention pada Brand Zara

Yuanita, Asih Dewi (2023) Pengaruh Brand Attachment, Hedonic Motivation, Brand Experience dan Self-Image Congruence Terhadap Purchase Intention pada Brand Zara. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MM-627_Abstrak.pdf] PDF
MM-627_Abstrak.pdf

Download (91kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/267132

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan secara empiris untuk mengembangkan sebuah model konseptual tentang pengaruh brand attachment, self-image congruence dan brand experience terhadap purchase intention. Penelitian ini mengkaji terkait brand attachment dan self-image congruence dirasakan belum optimal untuk meningkatkan purchase intention dari konsumen pada suatu luxury brand. Penelitian ini juga ingin mengukur variabel self-image congruence sejauh mana dapat berpengaruh terhadap hubungan hedonic motivation dan brand attachment dari suatu produk luxury brand. Objek dari penelitian ini adalah brand ZARA di lima kota besar yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Denpasar dan medan. Sampel yang akan digunakan adalah konsumen yang menggunakan produk tersebut yang merupakan generasi Y dan Z di Jakarta, Surabaya, Bandung, Denpasar dan medan yang telah memiliki kemandirian secara ekonomi. Fokus penelitian ini akan mengkaji perdebatan temuan para peneliti terdahulu terkait pengaruh variabel hedonic motivation dan self-image congruence yang berada dalam model yang berbasis attachment theory dan menggunakan brand attachment sebagai variabel center-nya. Attachment theory dan self-congruity theory digunakan sebagai dasar dalam penyelesaian masalahnya. Kontribusi penelitian ini adalah menyelidiki hubungan antara hedonic motivation dan self-image congruence, karena sejauh ini belum ada penelitian yang menguji pengaruh hedonic motivation terhadap self-image congruence. Analisis penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu Brand attachment, Self-image congruence, Hedonic motivation dan Brand experience. Variabel dependennya Purchase intention. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang akan menggunakan kuisioner dalam proses pengumpulan datanya dengan jumlah responden 375 orang. Pengujian hipotesis akan dilakukan dengan menggunakan teknik analisis SEM (Structural Equation Model).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Brand Attachment, Self-Image Congruence, Hedonic Motivation, Brand Experience, Purchase Intention
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: BAMBANG SEPTIAWAN
Date Deposited: 03 May 2023 07:44
Last Modified: 03 May 2023 07:44
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44065

Actions (login required)

View Item View Item