Pengaruh Perceived Relationship Marketing Investments, Customer Gratitude

Wiganda, Siska (2023) Pengaruh Perceived Relationship Marketing Investments, Customer Gratitude. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MM-628_Abstrak.pdf] PDF
MM-628_Abstrak.pdf

Download (243kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/267135

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived relationship marketing investments, self image congruency, dan customer gratitude terhadap satisfaction, trust, dan affective commitment yang dirasakan oleh pelanggan produk unilever yang diasosiasikan sebagai merek lokal, objek yang digunakan adalah produk Kecap Bango dan Teh Sariwangi sebagai representasi produk unilever. Merek lokal membangkitkan asosiasi yang terkait dengan modal budaya lokal, keaslian dan kebutuhan kualitas lokal. Pemilihan objek penelitian ini berdasarkan wawasan bahwa produk yang dihasilkan oleh Unilever tidak sepenuhnya berasal dari inovasi mereka, melainkan ada juga yang merupakan hasil dari akuisisi dengan perusahaan lainnya. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan generasi Y dan Z yang telah menggunakan produk ini. Penelitian ingin mengkaji terkait belum optimalnya customer gratitude dan upaya mewujudkan self- image congruence pada produk brand local association milik perusahaan multinasional terhadap kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, peneliti ingin berkontribusi untuk meningkatkan customer gratitude pelanggan melalui self image congruence yang dimiliki oleh pelanggan. Dalam penelitian ini menggabungkan antara social exchange theory dan self-image congruence theory. Pada penelitian-penelitian sebelumnya terdapat perbedaan hasil yang ditemukan antara hubungan relationship marketing investments terhadap customer gratitude, sehingga menarik untuk dikaji lebih lanjut. Penelitian ini akan berkontribusi pada model perilaku konsumen yang berbasis pada social exchange theory dengan menjelaskan mengenai adanya hubungan self-image congruence yang dipengaruhi oleh perceived relationship marketing investments terhadap rasa yang timbul didalam perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner. Pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik analisis SEM (Structural Equation Model) pada software AMOS 21.0. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah customer gratitude, satisfaction, trust, affective commitment, perceived relationship marketing investments, self image congruency.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Customer Gratitude, Satisfaction, Trust, Affective Commitment, Perceived Relationship Marketing Inve
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: BAMBANG SEPTIAWAN
Date Deposited: 03 May 2023 08:34
Last Modified: 03 May 2023 08:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44066

Actions (login required)

View Item View Item