Model Penentuan Uang Kuliah Mahasiswa Melalui Optimisasi Pembiayaan Program Studi

Haryanto, Haryanto (2009) Model Penentuan Uang Kuliah Mahasiswa Melalui Optimisasi Pembiayaan Program Studi. In: Seminar Nasional Teknologi lndustri (SNTI) 2009, 5 Agustus 2009, Fakultas Teknologi lndustri Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang.

[thumbnail of Model Penentuan Uang Kuliah Mahasiswa.pdf] PDF
Model Penentuan Uang Kuliah Mahasiswa.pdf

Download (471kB)

Abstract

Perhitungan uang kuliah biasanya berpedoman pada 'unit cost' dan jarang sekali dilakukan kajian umum berkenaan dengan perhitungan uang kuliah yang yang dibebankan kepada mahasiswa. Studi ini mengetengahkan suatu model perhitungan bagaimana menentukan uang kuliah yang layak dari perspektif operasional program stud!. Melalui pemahaman bahwa status seorang mahasiswa terdaftar pada program studi tertentu di suatu perguruan tinggi maka bisa dianggap bahwa uang kuliah yang dibayar mahasiswa merupakan penerimaan program studi tersebut. Penerimaan dari semua program studi umumnya dikelola oleh manajemen perguruan tinggi: dialokasikan untuk biaya operasional program studi, biaya gaji dosen tetap, biaya gaji karyawan, biaya bahan-bahan habis pakai, biaya berbagai kegiatan rutin dan pemeliharaan, serta biaya berbagai kegiatan pengembangan. Optimisasi pembiayaan program studi menjabarkan bagaimana penerimaan program studi didistribusikan untuk membiayai semua pas pengeluaran dimulai dari level program studi, level jurusan/fakultas sampai level perguruan tinggi. Kondisi optimal tercapai manakala penerimaan minimal program studi sama dengan beban pembiayaan program studi tersebut. Perbandingan dengan metode unit cost yang sudah dikenal menunjukkan hasil akhir yang dituju oleh model ini lebih bisa menjelaskan berbagai kondisi unik suatu program studi untuk bisa menjamin kelangsungan hidup perguruan tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pemodelan matematika, simulasi, uang kuliah, unit cost, program studi, manajemen perguruan tinggi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 05 May 2023 02:29
Last Modified: 05 May 2023 02:29
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44078

Actions (login required)

View Item View Item