Pengaruh Brand Perception Terhadap Brand Loyalty dan Word-of-mouth pada Bisnis Celebrity Fitness Gym di Surabaya

Hartono, Louis (2023) Pengaruh Brand Perception Terhadap Brand Loyalty dan Word-of-mouth pada Bisnis Celebrity Fitness Gym di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_6944_Abstrak.pdf] PDF
M_6944_Abstrak.pdf

Download (122kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/267229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis variabel terkait brand perception yang dapat memengaruhi brand loyalty dan word of mouth pada bisnis Celebrity Fitness Gym di Surabaya. Penelitian ini menganalisis persepsi merek pengguna layanan olahraga publik, membuat model persamaan struktural yang menganalisis bagaimana kredibilitas dan kepercayaan memengaruhi kesesuaian pengguna dengan merek dan bagaimana sikap positif terhadap merek memengaruhi tingkat loyalitas dan rekomendasi. Penelitian ini tergolong jenis basic research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Target populasi pada penelitian ini adalah pengguna layanan Celebrity Fitness Gym dan karakteristik yang digunakan dalam penelitian ini adalah pria dan wanita yang berdomisili di kota Surabaya, berusia antara 18-30 tahun, memiliki pendidikan terakhir minimal SMA atau sederajat, pernah menggunakan layanan Celebrity Fitness Gym minimal 2 kali seminggu dalam 6 bulan terakhir. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 180 responden. Penelitian ini menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan memakai software SPSS 25.0 dan AMOS 22 untuk melakukan pengujian model pengukuran dan model struktural. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa satu dari sebelas hipotesis tidak terdukung. Hipotesis yang terdukung yaitu pengaruh brand credibility terhadap brand trust, brand credibility terhadap brand congruence, brand credibility terhadap brand attitudes, brand trust terhadap brand congruence, brand trust terhadap brand attitudes, brand congruence terhadap brand attitudes, brand congruence terhadap brand loyalty, brand congruence terhadap WOM, brand attitudes terhadap WOM, dan brand loyalty terhadap WOM. Sedangkan hipotesis yang tidak terdukung yaitu pengaruh brand attitudes terhadap brand loyalty.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: 130219036
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 10 May 2023 03:25
Last Modified: 10 May 2023 03:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44112

Actions (login required)

View Item View Item