Dampak CSR Terhadap Firm Value Dengan GCG Dan Financial Performance Sebagai Variabel Moderasi

Natalie, Vanessa and Eriandani, Rizky and Rudiawarni, Felizia Arni (2023) Dampak CSR Terhadap Firm Value Dengan GCG Dan Financial Performance Sebagai Variabel Moderasi. In: The 4 th National Conference on Accounting and Fraud Auditing (4th NCAFA), 1-2 Februari 2023, Jakarta. (Submitted)

[thumbnail of conference paper] Microsoft Word (conference paper)
Paper NCAFA.docx - Draft Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan – Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan aktivitas tanggung jawab sosial dan perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana CSR memiliki hubungan dengan Firm Value (FV), serta bagaimana Good Corporate Governance (GCG) dan Financial Performance mampu memoderasi hubungan antara CSR dengan FV. Metodologi – Penelitian kami menggunakan data dari perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2019 – 2021 dengan jumlah sampel 1048 firm years. CSR diukur dengan menggunakan Standard GRI. Nilai Perusahaan diukur menggunakan Return Saham. GCG diukur dengan menggunakan Board Size (BS), Board Independence (B-IND), Family Ownership (FMO), dan Largest Ownership (L-OWN). Financial Performance diukur dengan menggunakan Return on Assets (ROA) dan Net Profit Margin (NPM). Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda untuk menguji hubungan antar variabel. Temuan – CSR memiliki hubungan dengan FV dan memiliki pengaruh yang signifikan positif. GCG tidak mampu memoderasi hubungan antara CSR dan FV, sedangkan Financial Performance (ROA) mampu memperkuat hubungan CSR dengan FV. Kontribusi – Aktivitas CSR penting untuk dilakukan untuk meningkatkan FV dan business sustainability di masyarakat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility_1; Financial Performance_2; Firm Value_3; Good Corporate Governance_4; Indonesia_5
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Felizia Arni Rudiawarni 31129
Date Deposited: 16 May 2023 04:12
Last Modified: 16 May 2023 04:12
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44139

Actions (login required)

View Item View Item