Tandiono, Reyner Ricardo (2023) Faktor-faktor yang Memengaruhi Konsumen untuk Mengadopsi E-wallet di Indonesia. [Undergraduate thesis]
PDF
M_6988_Abstrak.pdf Download (56kB) |
Abstract
Internet sebagai bentuk inovasi teknologi yang perkembangannya sangat pesat, mendukung berbagai inovasi teknologi terutama pada sektor keuangan. Cashless payment sebagai salah satu bentuk inovasi teknologi yang mengandalkan internet dalam penggunaannya. Indonesia telah menerapkan metode pembayaran cashless yaitu salah satunya e-wallet yang termasuk salah satu metode pembayaran cashless yang paling populer. Penelitian ini dilakukan untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi konsumen untuk mengadopsi e-wallet di Indonesia. Pengolahan data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) pada software Amos 22. Data primer digunakan dalam penelitian ini yang diperoleh melalui kuesioner online yang disebarkan kepada masyarakat Indonesia yang menggunakan layanan e-wallet dan diperoleh sebanyak 165 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa performance expectancy, facilitating condition, social influence, perceived technology security, dan hedonic motivation berpengaruh positif signifikan terhadap consumer adoption of e-wallet di Indonesia. Sedangkan innovativeness tidak berpengaruh terhadap consumer adoption of e-wallet di Indonesia
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | adoption, cashless payment, UTAUT2, e-wallet, Indonesia |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 25 May 2023 03:59 |
Last Modified: | 25 May 2023 03:59 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44204 |
Actions (login required)
View Item |