Pembuatan Aplikasi e-Commerce dengan Customer Relatioanship Management pada Haryono Sport Berbasis Web

Wongso, Clairine (2023) Pembuatan Aplikasi e-Commerce dengan Customer Relatioanship Management pada Haryono Sport Berbasis Web. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of SI_243_Abstrak.pdf] PDF
SI_243_Abstrak.pdf

Download (54kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/267640

Abstract

Haryono Sport merupakan toko olahraga tenis meja yang berada di Surabaya. Saat ini, Haryono Sport melakukan transaksi jual beli secara offline dan online. Transaksi offline dilakukan langsung pada toko dan transaksi online dilakukan via WhatsApp. Setelah dilakukan analisis, didapatkan hasil bahwa terdapat masalah yang dialami oleh Haryono Sport. Haryono Sport ingin mempermudah transaksi jual beli, memperluas jangkauan bisnis serta ingin mempertahankan hubungan yang baik dengan pelanggan. Dengan demikian, dibuatlah sistem e-commerce dengan Customer Relationship Management (CRM). Sistem e-commerce dengan CRM merupakan sistem yang dapat membantu transaksi jual beli secara online dengan strategi yang dapat meningkatkan penjualan karena mendapatkan kepuasan dari pelanggan. Setelah dilakukan perancangan desain, maka sistem diimplementasikan dengan berbasis website. Sistem ecommerce akan dilengkapi dengan dua sisi, yaitu user atau pihak toko dan pelanggan. User dapat menggunakan sistem admin yang memiliki berbagai macam fitur, dengan fitur unggulan yaitu menu laporan. Pelanggan dapat menggunakan sistem e-commerce yang memiliki berbagai macam fitur, dengan fitur unggulan yaitu status, feedback dan news. Sistem yang dibuat sudah terbukti dapat membantu bagi semua sisi, yaitu pihak toko maupun pelanggan. Dengan adanya sistem, dapat membantu pihak toko dan pelanggan dalam melakukan transaksi jual beli. Sistem juga dapat membantu pihak toko dalam memperluas jangkauan bisnis karena dapat menarik pelanggan baru bahkan yang berada di luar Surabaya. Tidak hanya itu, sistem juga dapat membantu pihak toko dalam mempertahankan hubungan yang baik dengan pelanggan karena pelanggan terfasilitasi dengan adanya CRM.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: E-commerce, CRM, Toko, Website
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Information System
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 07 Jun 2023 09:00
Last Modified: 07 Jun 2023 09:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44250

Actions (login required)

View Item View Item