Dinamika Persepsi dan Toleransi Penggemar Boys Love Terhadap Homoseksualitas (The Dynamics of Perceptions and Tolerance of Boys Love Fans Towards Homosexuality)

Avianti, Merry Anggraeni and Yunanto, Taufik Akbar Rizqi (2023) Dinamika Persepsi dan Toleransi Penggemar Boys Love Terhadap Homoseksualitas (The Dynamics of Perceptions and Tolerance of Boys Love Fans Towards Homosexuality). Jurnal Diversita, 9 (1). pp. 123-139. ISSN 2461-1263 (Print); ISSN 2580-6793 (Online)

[thumbnail of Artikel Taufik - Jurnal Diversita - 090623.pdf] PDF
Artikel Taufik - Jurnal Diversita - 090623.pdf

Download (440kB)
Official URL / DOI: https://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/...

Abstract

Boys Love merupakan salah satu genre yang tengah disukai oleh beberapa masyarakat di Indonesia. Individu yang menyukai Boys Love disebut sebagai penggemar Boys Love. Kehadiran Boys Love yang berhubungan dengan Homoseksual menjadi suatu problema yang menimbulkan pro kontra. Tetapi ternyata Boys Love berpengaruh pada perubahan persespsi dan toleransi individu terhadap Homoseksual. Penelitian ini bertujuan untuk menggali proses terbentuknya persepsi pada penggemar Boys Love dalam memaknai dan toleransinya terhadap Homoseksualitas di Indonesia. Partisipan penelitian berjumlah dua orang yang merupakan penggemar Boys Love yang pernah atau masih menjalani hubungan romantis dengan lawan jenis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian sosial konstruk dan menggunakan metode wawancara semi terstruktur. Teknik Analisis Data pada penelitian ini menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Hasil dari penelitian ini adalah telah terjadi perubahan persepsi serta toleransi yang dipengaruhi oleh Boys Love. Beberapa hal yang mempengaruhi seperti agama, sosial dan budaya, norma sosial, serta lingkungan tempat individu bertumbuh. Partisipan dalam penelitian ini mampu menginterpretasikan mengenai Homoseksual sehingga terjadi pengalaman toleransi yang baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Boys Love; Penggemar Boys Love; Pembentukan Persepsi; Toleransi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:32
Last Modified: 09 Jun 2023 08:32
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44268

Actions (login required)

View Item View Item